Home / Warta / Mancanegara / Dituduh Tutupi Kasus Pelecehan Seks, PAUS Diminta Mundur
Paus Fransiskus saat berkunjung ke Dublin, Irlandia (AFP)

Dituduh Tutupi Kasus Pelecehan Seks, PAUS Diminta Mundur

VATIKAN, Waspada.co.id – Mantan Duta Besar Vatikan untuk Amerika Serikat (AS) mengatakan bahwa Paus Fransiskus telah membiarkan terjadinya skandal pelecehan seksual yang dilakukan oleh seorang pendeta terkemuka pada 2013 dan menuntut pemuka umat Katolik dunia itu untuk mundur. Pernyataan mengejutkan ini diungkapkan oleh Uskup Agung Carlo Maria Vigano pada Minggu, sehari setelah Paus bertemu dengan para korban pelecehan seksual oleh pendeta di Dublin, Irlandia.

Uskup Vigano mengatakan bahwa dia telah memberi tahu Paus Fransiskus mengenai adanya klaim pelecehan seksual yang dilakukan oleh mantan uskup agung Washington, Kardinal Theodore McCarrick pada 23 Juni 2013. Namun, Paus Fransiskus yang baru saja menjabat menggantikan Paus Benediktus XVI tidak melakukan apa-apa untuk menanggapi laporan Uskup Vigano itu.

baca: PAUS Sebut Pelecehan Seks oleh Pastor Kejahatan Menjijikkan

Di akhir pernyataannya, Uskup Vigano meminta Paus Fransiskus untuk mengundurkan diri dan mengakui kesalahannya.

“Sesuai dengan prinsip tanpa toleransi yang dicanangkan, Paus Fransiskus harus menjadi orang pertama yang memberikan contoh yang baik kepada Kardinal dan Uskup yang menutupi pelanggaran McCarrick dan mengundurkan diri bersama dengan mereka semua, ” tulis Vigano sebagaimana dilansir RT, Senin (27/8).

baca: Para Korban Imbau Paus Tindak Tegas Pelaku Pelecehan Seks di Gereja Katolik

Uskup Vigano mengungkapkan bahwa Kongregasi Uskup memiliki dokumen tebal tentang perilaku McCarrick. Kardinal bermasalah itu mengundurkan diri bulan lalu terkait tuduhan bahwa dia melecehkan siswa seminari dan putra altar.

“Dia merusak generasi seminaris dan imam dan Paus Benediktus memerintahkannya untuk mundur ke kehidupan doa dan penebusan dosa, ” tambah Vigano.

baca: Paus Fransiskus: Pelecehan Para Imam itu ‘Kejahatan’, Gereja Harus Akui dan Mengutuk

Mantan Duta Besar Vatikan untuk AS itu mengatakan bahwa Paus Fransiskus tidak menanggapi permohonannya dan McCarrick tetap diperbolehkan melanjutkan perannya di gereja. Vigano mengatakan, Paus Fransiskus harus mengungkapkan secara jujur kapan pertama kali dia mengetahui mengenai kejahatan yang dilakukan McCarrick.

Pada pertemuan dengan para korban pelecehan seksual pendeta gereja di Irlandia, Paus Fransiskus menyebut orang-orang yang menutup-nutup pelecehan anak di Gereja Katolik sebagai kotoran yang menjijikkan. Dia juga menyebut bahwa pihak berwenang gereja telah gagal menangani kejahatan tersebut secara benar dan baik sehingga menimbulkan kemarahan dan mempermalukan komunitas Katolik. (wol/okz)

Check Also

Dituduh Lakukan Pelecehan Seksual, Pastor Bunuh Diri

ROUEN,Waspada.co.id – Seorang pastor bunuh diri di dalam sebuah gereja di wilayah utara Prancis. Tindakan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: