Home / Warta / Mancanegara / Dituduh Perkosa Biarawati, Seorang Uskup Ditahan Polisi
Uskup Kerala, Franco Mulakkal ditahan polisi atas tuduhan pemerkosaan terhadap seorang biarawati. (Reuters)

Dituduh Perkosa Biarawati, Seorang Uskup Ditahan Polisi

KOCHI, Waspada.co.id – Seorang uskup Katolik ditangkap di Negara Bagian Kerala, India pada Jumat atas tuduhan memerkosa seorang biarawati. Penangkapan tersebut dilakukan polisi sehari setelah Vatikan menerima permintaan sang uskup untuk meninggalkan tugas-tugasnya untuk sementara waktu.

Belum ada komentar dari Uskup Franco Mulakkal yang ditangkap atau pun pengacaranya, meski dia pernah membantah tuduhan tersebut dalam sebuah wawancara beberapa waktu lalu. Pria berusai 54 tahun itu diangkat sebagai pastur di Negara Bagian Punjab, India bagian utara pada 1990 dan diangkat sebagai uskup di Keuskupan Jalandhar lima tahun lalu.

Pada Minggu pekan lalu, Mulakkal, yang memimpin keuskupan Jalandhar, menulis surat kepada Vatikan dan meminta untuk mundur sementara seiring dengan protes dan seruan agar dia ditangkap meningkat. Vatikan menerima permintaan Mulakkal tersebut pada Kamis.

“Dia dituduh melakukan perkosaan,” kata Inspektur Jenderal Polisi Kochi, Vijay Sakhare sebagaimana dilansir Reuters, Sabtu (22/9/2018).

Penangkapan terjadi pada saat komunitas Katolik India terguncang dari serangkaian kasus – termasuk penangkapan lima pastur bulan lalu atas tuduhan serangan seksual. Gereja mereka mengatakan percaya bahwa para pastur tidak bersalah.

Juru bicara Vatikan mengatakan, mereka belum bisa memberikan komentarnya mengenai masalah ini.

Selain di India, Gereja Katolik juga menghadapi skandal pelecehan seksual di Amerika Serikat, Cile, Australia, Jerman dan negara-negara lain.

Paus Fransiskus telah memanggil kepala uskup Katolik nasional dari seluruh dunia ke Vatikan untuk membahas perlindungan anak di bawah umur pada pertemuan luar biasa dari 21-24 Februari. (okz/data2)

Check Also

Paus Perintahkan Penyelidikan Pastor AS

VATICAN CITY, Waspada.co.id – Paus Fransiskus memerintahkan penyelidikan terhadap pastor Amerika Serikat. Pastor tersebut dituduh ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: