Home / Warta / Ekonomi dan Bisnis / Distribusi Gas Lewat Pipa Dinilai Tetap Lebih Aman
WOL Photo

Distribusi Gas Lewat Pipa Dinilai Tetap Lebih Aman

MEDAN, Waspada.co.id – Komisi VII DPR RI mengungkapkan distribusi gas lewat pipa ke setiap rumah tangga dan sektor usaha lebih aman daripada dengan tabung gas elpiji, baik yang berukuran 3 kg atau 12 kg.

Penggunaan tabung gas selama ini menimbulkan kerawanan seperti ledakan tabung yang sering kali menimbulkan korban jiwa. Kampanye pipanisasi gas harus segera dilakukan.

Menurut Gus Irawan Pasaribu, ketua Komisi VII DPR-RI saat berkunjung ke Medan, kemarin, di negara-negara lain seperti Pakistan bahkan Bangladesh dan India, jaringan-jaringan pipa gas masuk ke rumah-rumah makan, bahkan ke warung-warung kopi. Hanya saja mereka punya tingkat pengamanan tinggi, karena ketika terdeteksi ada kebocoran pipa, gasnya otomatis mati.

Konversi dari Bahan Bakar Minyak (BBM) ke gas, kata Ketua DPD Gerindra Sumut ini, memang sudah dilakukan. “Dan harga gas jauh lebih murah daripada BBM. Dengan distribusi menggunakan pipa, harga gas bisa ditekan lagi jadi lebih murah daripada menggunakan tabung gas. Sepertiga lebih murah perbandingannya,” jelasnya.

Dia menambahkan, produksi gas masih jauh lebih banyak daripada BBM. Bahkan, kini lifting minyak Indonesia berada di angka 770 barel per hari. Sementara kebutuhan sudah lebih dari 1.100 barel per hari. Jadi, depositnya sudah terlalu banyak dan harus segera dikonversi.

“Kalau tidak ada, APBN akan terbebani untuk subsidi dan ini akan mengeluarkan biaya ratusan triliun rupiah seperti sekarang. Konversi BBM ke gas akan menjadi penghematan bagi negara dan masyarakat juga akan menjadi ringan,” tambah Wakil Ketua Fraksi Gerindra di DPR RI ini. (wol/min/data2)

Editor: Agus Utama

Check Also

“Gerindra Bukan Anti Asing Tapi Ada Hitung-hitungannya”

MEDAN, Waspada.co.id – Ketua DPD Gerindra Sumut menandaskan bahwa partai tersebut tidak anti asing dan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: