Breaking News
Home / Warta / Ekonomi dan Bisnis / Diskon Besar-besaran Picu Perilaku Konsumtif Jelang Akhir Tahun
Istimewa

Diskon Besar-besaran Picu Perilaku Konsumtif Jelang Akhir Tahun

JAKARTA – Menjelang akhir tahun, sepertinya menjadi momen bagi masyarakat untuk belanja besar-besaran, bertepatan dengan perayaan Natal dan Tahun Baru serta keluarnya bonus dari kantor. Tak heran, para pengusaha ritel lantas menghadirkan program diskon menarik, tak terkecuali situs online shopping. Online shopping memang menjadi pilihan utama bagi masyarakat beberapa tahun terakhir untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari.

Belanja lewat dunia maya semakin diminati karena dapat menghemat waktu, biaya, dan tenaga, serta harga jual barang yang lebih kompetitif. Apalagi dengan jumlah pengguna smartphone yang terus bertambah dari waktu ke waktu diketahui sejalan dengan peningkatan jumlah pengakses toko online dari web maupun aplikasi.

Mengutip data dari iprice.co.id tentang perilaku konsumen online di Tanah Air, pada 2017 total transaksi belanja di dunia maya mencapai Rp75 triliun. Angka yang fantastis ini baru berasal dari sekitar 24,7 juta konsumen meskipun angka pengguna internet di Indonesia sudah menembus 132,7 juta orang pada awal 2017.

Rata-rata jumlah pengeluaran mereka saat belanja online mencapai USD36 atau Rp481.000, dan bisa meningkat pada momen-momen tertentu seperti akhir tahun. Kenyataan inilah yang membuat sejumlah e-commerce bersatu menyelenggarakan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) setiap 12 Desember yang disebut sebagai pesta belanja online terbesar.

Kegiatan ini menghadirkan program menarik bagi penggila belanja online seperti promo menggiurkan, diskon besar, serta hadiah langsung. Salah satu e-commerce yang mengikuti Harbolnas adalah Shopee.

Perusahaan ecommerce di Asia Tenggara dan Taiwan ini sukses menggelar acara Shopee 12.12 Birthday Sale. Pada 12 Desember lalu, Shopee mencatatkan lebih dari 12 juta transaksi di tujuh negara, melampaui semua rekor yang pernah ada, termasuk Shopee 11.11 Big Sale lalu.

e-commerce

Didukung lebih dari 450.000 merek dan penjual, Shopee dikunjungi lebih dari 48 juta pengguna yang menikmati 60 juta promosi terbaik dari seluruh kategori. Selain itu, in-app game Shopee juga sangat diminati pengguna, yaitu Goyang Shopee yang telah dimainkan 46 juta kali dan Kuis Shopee telah diikuti 11 juta partisipan di tujuh negara.

Bersamaan dengan perayaan Harbolnas dari pencapaian Shopee tersebut, sebanyak 5,4 juta transaksi berasal dari Indonesia. Handphone dan aksesori, kecantikan, serta pakaian wanita merupakan tiga kategori terpopuler dengan brand terkemuka seperti Xiaomi, MamyPoko, dan Maybelline menjadi favorit pengguna Shopee.

Check Also

Semarakan Ramadhan, Lippo Malls Indonesia Hadirkan Program “Pesona Ramadhan”

Waspada.co.id – Semarakan bulan suci Ramadhan, Lippo Malls indonesia sebagai Operator mall terbesar di indonesia ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: