Breaking News
Home / Warta / Politik / Diminta Mundur, Jaksa Agung Dinilai Gagal Reformasi Kejaksaan
setkab.go.id
setkab.go.id

Diminta Mundur, Jaksa Agung Dinilai Gagal Reformasi Kejaksaan

JAKARTA,WOL – Jaksa Agung HM Prasetyo diminta mundur dari jabatannya. Sebagai pimpinan kejaksaan, Prasetyo dinilai tidak membawa perubahan di Kejaksaan Agung.

Hal ini disampaikan oleh Peneliti Pusat Studi Hukum dan Kebijakan Indonesia (PSHK) Miko Ginting menanggapi operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Kepala Kejaksaan Negeri Pamekasan Rudi Indra Prasetya yang dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Rabu (2/8) kemarin.

Penangkapan tersebut terkait penanganan dugaan kasus korupsi penggunaan dana desa. Menurut Miko, selama kepemimpinan Prasetyo telah terjadi sejumlah penangkapan yang dilakukan KPK maupun oleh Satuan Petugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli).

“Dengan angka lima orang jaksa, (selama Kejaksaan) di bawah Prasetyo, yang sudah ditangkap tangan oleh KPK dan kemudian tujuh oleh tim saber pungli, saya kira dorongan untuk Jaksa Agung mundur dari jabatannya sungguh beralasan,” kata Miko dalam konferensi pers di kantor Indonesia Corruption Watch (ICW), di Kalibata, Jakarta Selatan, Jumat (4/8).

“Saya menilai, bahwa Jaksa Agung sudah gagal membawa Kejaksaan Agung untuk mereformasi Institusi Kejaksaan,” Tambah Miko.

Sementara peneliti ICW, Lalola Easter mengatakan, pihaknya sudah meragukan kinerja Prasetyo sejak akan diangkat sebagai Jaksa Agung. Keraguan itu muncul karena Prasetyo berafiliasi dengan salah satu partai politik. “Setelah terpilih, ternyata kerjanya tidak maksimal,” kata Lalola.

Menurut Lalola, evaluasi menyeluruh perlu dilakukan. “Sejak 2014 sejak Jaksa Agung Prasetyo hingga sekarang itu belum ada performa yang cukup membanggakan dari kejaksaan,” kata Lalola.

Check Also

Politikus PPP Dimyati Natakusumah (foto: Okezone)

Dikabarkan Kena OTT KPK, Ini Jawaban Politikus PPP Dimyati Natakusumah

  JAKARTA – Beredar kabar Dimyati Natakusumah, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Persatuan Pembangunan‎ (PPP) kubu ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.