Breaking News
_
Home / Warta / Mancanegara / Diduga Terkait Video Asusila, Polisi Tangkap Sekretaris Anwar Ibrahim
Anwar Ibrahim (dua dari kiri) tengah menyampaikan tanggapan tentang penangkapan Ketua Partai Keadilan Rakyat (PKR) Negara Bagian Perak terkait video asusila (foto Utusan Malaysia)

Diduga Terkait Video Asusila, Polisi Tangkap Sekretaris Anwar Ibrahim

PERAK, Waspada.co.id – Kepolisian Malaysia menangkap seorang politikus sekaligus Ketua Partai Keadilan Rakyat (PKR) Negara Bagian Perak, Farhash Wafa Salvador Rizal Mubarak, karena diduga terlibat dalam skandal video syur yang sempat gempar pada Juni lalu. Perkara ini juga menyeret nama Menteri Koordinator Perekonomian Malaysia, Datuk Seri Azmin Ali.

Dilansir dari AsiaOne, Rabu (17/7), Farhash yang juga merangkap sebagai sekretaris dari Presiden PKR, Datuk Seri Anwar Ibrahim, ditangkap pihak kepolisian bersama dengan dua tersangka lainnya di Pasir Gudang, Johor pada Selasa (16/7) kemarin.

Farhash sebelumnya sempat meminta Azmin untuk berhenti dari jabatannya jika terbukti terlibat dalam skandal video syur. Azmin juga merupakan Wakil Presiden Partai Keadilan Rakyat (PKR) pimpinan Anwar Ibrahim. Anwar juga sempat dijebloskan ke penjara oleh lawan politiknya, Mahathir Mohamad, atas tuduhan melakukan hubungan sesama jenis dengan sekretarisnya.

Di sisi lain, polisi telah lebih dulu menangkap Haziq Abdullah Abdul Aziz selaku sekretaris pribadi wakil menteri perekonomian Malaysia, serta lima orang lain yang ikut terlibat dalam skandal tersebut.

Haziq sendiri telah mengklaim bahwa orang yang ada dalam video syur itu memang benar dirinya dan sang menteri, Azmin. Namun, Azmin bersikeras membantah tuduhan tersebut.

Haziq pertama kali ditahan di Bandar Udara Internasional Kuala Lumpur pada 14 Juni lalu, dan tiga hari setelahnya, kepolisian Malaysia yang dipimpin Komisioner Huzir pun mulai melakukan penyelidikan terkait skandal video seks yang melibatkan sejumlah politisi Malaysia itu.

Seorang lelaki yang mirip Azmin disebut ada dalam sebuah video asusila sesama jenis. Salah satu pemerannya dalam video itu adalah Haziq.

Video asusila itu beredar sejak awal Juli. Melalui akun Facebooknya, Haziq menyatakan pemeran di dalam video itu adalah dia dan Azmin.

Kepolisian sempat menangkap Haziq karena diduga berupaya meninggalkan Negeri Jiran di tengah penyelidikan skandal tersebut. Namun, tak lama ia dibebaskan dengan jaminan.

Satuan tugas khusus sengaja dibentuk guna menyelidiki skandal ini. Di Malaysia, hubungan seks sesama jenis termasuk tindak pidana.

Sebanyak 21 orang dilaporkan telah diperiksa terkait kasus ini. Meski belum bisa diverifikasi keaslian video itu, sejumlah analis menyimpulkan rekaman gambar tersebut tampak tidak diubah atau diedit secara digital.

Azmin berkeras membantah bukan pemeran dalam video tidak senonoh itu.

Azmin bahkan menegaskan akan tetap menjalankan tugas meski sejumlah pihak menyarankan untuk berhenti sementara atau cuti selama polisi memproses skandal tersebut.

Azmin menyatakan tetap aktif sebagai menteri sekaligus pemimpin koalisi Pakatan Harapan yang mendukung pemerintah Perdana Menteri Mahathir Mohamad. (cnn/data2)

Check Also

Solusi Bayar Utang Malaysia, Mahathir Buka Prospek Jual Aset Negara

KUALA LUMPUR, Waspada.co.id – Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad, tak menutup kemungkinan untuk menjual lebih ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.