_
Home / Warta / Indonesia Hari Ini / Desakan Penuntasan Kasus Novel Terus Bergulir
Novel Baswedan (Foto: Antara/Monalisa)

Desakan Penuntasan Kasus Novel Terus Bergulir

JAKARTA, WOL – Pengacara Novel Baswedan, Saor Siagiaan menilai besarnya kemungkinan pembentukan Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) kasus penyirman penyidik senior KPK Novel Baswedan akan bisa terealisasi jika adanya perseujuan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Ia menilai peembentukan TGPF diperlukan lantaran kinerja Polisi dalam menangani perkara ini dianggap tidak transparan dan kurang objektif. Saor pun mendesak pertanggungjawaan Jokowi untuk menuntaskan kasus kliennya ini.

“Saya kira bola ada di tangan Pak Tito, tetapi karena pertanggungjawaban ending ada di Presiden. Akhirnya Presiden bisa tersandera karena polisi tidak bekerja secara transparan kemudian imparsial dan objektif,” kata Saur di kawasan Kalibata, Jakarta Timur, Minggu (5/11).

Saor menyebut kasus Novel ini sebenarnya relatif cukup mudah penyelesaiannya, tinggal bagaimana polisi mau menyelidikinya atau tidak dengan niatan untuk mengusut kasus ini secara tuntas.

“Karena sudah cukup waktu diberikan kepolisian. Saya kira Presiden sudah berjanji akan memanggil saudara Kapolri. Saya berharap betul dengannya (Kapolri). Dia harus bekerja secara imparsial. Seperti janji beliau,” ujarnya.

Mengenai wacana pembentukan TGPF, ia menegaskan yang terpenting adalah adanya suatu tim independen yang menginvestigasi kasus ini.

Menurutnya, waktu pengusutan kasus yang lebih dari 6 bulan tak kunjung selesai merupakan waktu yang terlalu lama.

“Apakah nanti hasil kerja TGPF akan diserahkan ke penyidik, itu persoalan teknis. Tapi setidaknya, ada pihak yang independen untuk melakukan investigasi atas kasus ini. Karena sudah lebih dari setengah tahun. Kalau kita mau quote dari Profesor Mahfud, ‘ini kasus yang tidak susah,” paparnya. (ant/ags)

适适

Check Also

Polri Sebut Tim Teknis Masih Bekerja Keras Ungkap Kasus Novel Baswedan

  JAKARTA – Polri menyatakan tim teknis yang dibentuk untuk mengusut kasus penyiraman air keras ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.