Home / Warta / Ekonomi dan Bisnis / Desa Wisata Bisa Jadi Target Potensi
WOL Photo/Eko Kurniawan

Desa Wisata Bisa Jadi Target Potensi

MEDAN, Waspada.co.id – Berdasarkan Hasil Pendataan Potensi Desa (Podes) 2018 di Sumatera Utara, terdapat 6.132 wilayah setingkat desa, 449 kecamatan dan 33 kabupaten/kota.

Dan dari 6.132 desa, ada 1.469 desa yang masih tertinggi atau sekitar 27,02 persen.

Disampaikan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sumut, Syech Suhaimi, mengatakan Indeks Pembangunan Desa (IPD) menunjukkan tingkat perkembangan desa dengan status tertinggal, berkembang dan mandiri.

“Saya merinci pengkategorian IPD menghasilkan, desa tertinggal sebanyak 1.469 desa atau 27,02 persen. Kemudian, desa berkembang sebanyak 3.768 desa 69,30 persen dan desa mandiri sebanyak 200 desa atau 3,68 persen,” tuturnya, Jumat (4/1).

Untuk Indeks Pembangunan Desa telah menunjukkan perbaikan status desa. Desa tertinggal berkurang sebesar 552 desa bila dibandingkan tahun 2014 sementara itu, desa mandiri bertambah sebesar 108 desa.

“Sementara, IPD disusun dari 5 dimensi, yang terdiri dari 12 variabel dan 42 indikator. Semua dimensi penyusun IPD mengalami kenaikan. Dimensi dengan kenaikan tertinggi adalah Penyelenggaraan Pemerintah Desa sebesar 12,46 poin. Sementara dimensi dengankenaikan terkecil adalah Pelayanan Dasar sebesar 0,60 poin tercatat,” katanya.

Ia menambahkan bahwa salah satu indikator yang mengalami kenaikan tinggi pada Dimensi Pelayanan Dasar adalah ketersediaan dan emudahan akses ke apotek dengan meningkatnya jumlah desa yang ada apotek.

“Pada Dimensi Kondisi Infrastruktur, indikator yang mengalami kenaikan paling tinggi adalah bahan bakar untuk memasak dengan meningkatnya desa yang ada pangkalan atau agen penjual LPG,” tambahnya.

“Banyak sekali potensi desa jika dikembangkan misalnya desa wisata yang memiliki beberapa karekteristik khusus menjadi daerah tujuan wisata bagi masyarakat,” pungkasnya. (wol/eko/data2)

Editor: Agus Utama

Check Also

Ekonomi Sumut Triwulan IV Tumbuh 5,12 Persen

MEDAN, Waspada.co.id – Perekonomian Sumatera Utara 2018 diukur berdasarkan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atas ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: