Home / Warta / Mancanegara / Demi Pemilu, Petugas Jemput ABK WNI di Fiji dari Tengah Laut
Para warga negara Indonesia yang bekerja sebagai anak buah kapal di Fiji dijemput dari tengah laut demi dapat mengikuti pemilihan umum 2019 pada pekan lalu. (Dok. KBRI Suva)

Demi Pemilu, Petugas Jemput ABK WNI di Fiji dari Tengah Laut

SUVA, Waspada.co.id – Para warga negara Indonesia (WNI) yang bekerja sebagai anak buah kapal di Fiji dijemput dari tengah laut demi dapat mengikuti pemilihan umum 2019 pada pekan lalu.

Duta Besar RI Berkuasa Penuh untuk Kepulauan Fiji dan Kiribati, Benyamin Carnadi, mengatakan bahwa metode penjemputan ini dilakukan karena mayoritas WNI yang memiliki hak pilih di wilayah itu berprofesi sebagai ABK di kapal berbendera asing di Samudra Pasifik.

“Para WNI ini, menyalurkan hal pilihnya dengan dijemput di tengah laut oleh petugas Panitia Pemilihan Luar Negeri Suva, Kepulauan Fiji,” demikian pernyataan resmi KBRI Suva, Senin (15/4).

Ketua PPLN Suva, Yuyun Komariyah, mengatakan bahwa sejumlah ABK yang sedang melaut juga dijemput dari pelabuhan setelah besandar. Mereka kemudian mencoblos di Kotak Suara Keliling di Pelabuhan Suva pada 11 April lalu.

“Walau harus antre cukup panjang, namun WNI dengan berbagai macam latar belakang antusias merayakan pesta demokrasi dan ikut serta mencoblos termasuk WNI yang menjadi ABK, kami jemput ke tengah laut untuk proses pencoblosan,” ungkap Yuyun Komariyah.

Selain para ABK, warga lainnya juga antusias menggunakan hak pilihnya di Tempat Pemungutan Suara Luar Negeri (TPSLN) yang terletak di Conference Center Studio 6 pada Sabtu (13/4).

Secara keseluruhan, ada 355 pemilih yang memberikan suaranya di Fiji, 179 di antaranya menggunakan metode KSK, sementara 175 lainnya di TPSLN.

“Pemilu 2019 juga merupakan kesempatan bagi WNI untuk bersilatuhami, makan bersama, dan berswafoto bersama,” tulis KBRI Suva. (cnn/data2)

Check Also

Rumah WNI di Jepang Terbakar, 2 Tewas Terpanggang

YANAIZU, Waspada.co.id – Dua orang warga negara Indonesia (WNI) tewas akibat kebakaran yang terjadi di ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: