Home / Warta / Mancanegara / Demi Denuklirisasi, Presiden Korsel Rela Temui Pemimpin Korut di Mana Saja
foto: Presiden Korsel, Moon Jae-in, rela bertemu Kim Jong-un di mana saja demi membantu negosiasi antara Korut-AS terkait denuklirisasi. (Pyeongyang Press Corps/Pool via Reuters)

Demi Denuklirisasi, Presiden Korsel Rela Temui Pemimpin Korut di Mana Saja

MANCHESTER,Waspada.co.id – Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in, rela bertemu Pemimpin Tertinggi Kim Jong-un di mana saja demi membantu negosiasi antara Korea Utara-Amerika Serikat terkait denuklirisasi yang terancam jalan di tempat.

“Begitu Korut siap, saya berharap kedua Korea akan dapat duduk bersama, terlepas dari lokasi dan bentuk (pertemuannya),” kata Moon dalam sebuah rapat bersama kabinetnya, Senin (15/4).

“Saya akan terus berupaya keras untuk memastikan bahwa KTT antar-Korea yang akan datang menjadi batu loncatan untuk memperbesar peluang dan hasil yang lebih signifikan.”

Moon menyambut baik “komitmen tegas Kim Jong-un terhadap denuklirisasi di Semenanjung Korea”.

Dikutip AFP, pernyataan Moon itu muncul tak lama setelah dirinya bertemu dengan Presiden AS, Donald Trump, di Washington pekan lalu.

Lawatan Moon ke AS juga berlangsung tak lama setelah pertemuan kedua Trump dan Kim Jong-un di Vietnam berakhir tanpa kesepakatan pada akhir Maret lalu.

Masalah sanksi menjadi salah satu ganjalan Trump dan Kim Jong-un mencapai kesepakatan dalam pertemuan di Hanoi.

Korut ingin AS mencabut sanksi secara bertahap sembari Pyongyang melakukan denuklirisasi. Namun, AS berkeras tidak akan mencabut sanksi sebelum Korut benar-benar melucuti senjata nuklirnya.

Moon selama ini berperan sebagai perantara dalam relasi AS-Korut. Ia dinilai sangat berperan merealisasikan pertemuan Trump dan Kim Jong-un untuk pertama kalinya di Singapura pada Juni 2017.

Kunjungan Moon ke AS pekan lalu disebut bertujuan untuk membantu melancarkan diplomasi yang macet antara Trump dan Kim Jong-un dalam pertemuan terakhir mereka.

Moon selama ini memang mendukung AS untuk melakukan pendekatan dialog dengan Korut. Namun, hingga kini belum ada tanda-tanda Trump dan Kim Jong-un akan bertemu lagi.

Sementara itu, Kim Jong-un menyatakan dirinya bersedia untuk kembali bertemu Trump jika Washington memberikan penawaran “yang bisa diterima kedua belah pihak.” (cnn/data1)

Check Also

Memanas, Trump Peringatkan Iran: Jika ‘Berbuat Sesuatu’ Akan Sangat Menderita

WASHINGTON,Waspada.co.id – Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, memperingatkan Iran bahwa mereka akan menderita jika “berbuat ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: