_
Home / Warta / Politik / Dana Kelurahan Jokowi Rp3 Triliun, Timses Yakin Fraksi di DPR Menyetujui
Foto: Okezone

Dana Kelurahan Jokowi Rp3 Triliun, Timses Yakin Fraksi di DPR Menyetujui

agregasi

 

JAKARTA – Pemerintahan Joko Widodo berencana mencairkan dana kelurahan pada awal 2019. Namun kebijakan itu menuai kritik dari kubu oposisi maupun cawapres Sandiaga Uno. Alasannya, karena pencairan dana tersebut bertepatan dengan tahun politik.

Influencer TKN Jokowi-Ma’ruf, Budiman Sudjatmiko mengatakan, pencairan dana kelurahan yang dicanangkan Jokowi merupakan jawaban atas aspirasi masyarakat yang terdiri dari kepala daerah terutama Asosiasi Pemerintahan Kota Seluruh Indonesia (Apeksi).

“Adapun rencana jumlah dana yang akan di cairkan sejumlah Rp3 triliun pada APBN 2019. Kebijakan dana kelurahan merupakan bagian dari upaya pemerataan keadilan anggaran yang selama ini telah ditunjukkan melalui kebijakan Dana Desa semenjak diberlakukannya UU Desa sejak 2015,” kata Budiman di Posko Cemara, Jakarta, Senin (22/10/2018).

jokowi

Budiman menuturkan, dana kelurahan ini akan merujuk pada mekanisme yang telah diberlakukan pada dana desa, yang secara prinsip menyempurnakan visi Indonesia untuk pemerataan pembangunan.

“Hingga 2018 ini, telah terbukti keberhasilan pemanfaatan dana desa dalam meningkatkan kesejahteraan, meningkatkan peran layanan publik, memajukan perekonomian desa, dan pada akhirnya memperkuat masyarakat desa sebagai subjek pembangunan,” tuturnya.

Politikus PDI Perjuangan itu yakin fraksi-fraksi di DPR akan menyetujui kebijakan dana kelurahan yang akan diajukan pemerintah. Apalagi, fraksi yang pro Jokowi jumlahnya lebih besar di parlemen.

“Insya Allah fraksi pro Jokowi lebih banyak jadi Insya Allah mayoritas akan mendukung. Saya bicara juga dengan fraksi Golkar, PDIP, sangat setuju dengan ide dana kelurahan ini. Kita harapkan dari fraksi Nasdem, Hanura, PPP, PKB akan setujui ini sehingga tahun depan kita sudaj punya dana kelurahan untuk 8.300 kelurahan,” terang Budiman.

jokkowi

Total anggaran yang akan diajukan pemerintah untuk dana kelurahan ialah Rp3 triliun. Angka tersebut untuk mengcover sebanyak 8.300 kelurahan yang ada di kabupaten/kota di seluruh Indonesia. Setiap kelurahan nantinya akan mendapatkan kucuran dana yang berbeda atau tidak seragam karena pertimbangan perbedaan tingkat kemiskinan, luas geografis, dan lain-lain.

“Insya Allah Rp300-400 juta per tahun tapi tak seragam. Nanti kalau berhasil ya bisa ditingkatkan,” ungkap Budiman.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo berencana mengucurkan dana kelurahan pada awal tahun depan. Jokowi berdalih kebijakan itu muncul karena banyaknya keluhan masyarakat. Namun, cawapres Sandiaga Uno mengkritisi rencana pengucuran dana kelurahan oleh Jokowi karena waktunya menjelang Pilpres 2019. Sandi curiga ada udang di balik batu dalam kebijakan tersebut.

Check Also

Gerindra: Pertemuan Lanjutan Prabowo-Jokowi Juga Akan Dihadiri Megawati

JAKARTA ‎- Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) rencananya akan kembali bertemu dengan Ketua Umum Partai ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: