_
Home / Warta / Ekonomi dan Bisnis / Daftar Tol yang Siap Digunakan saat Mudik Lebaran
Istimewa

Daftar Tol yang Siap Digunakan saat Mudik Lebaran

JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan sejumlah ruas jalan tol sudah siap melayani saat mudik Lebaran nanti. Ruas tol tersebut tersebar dari mulai Pulau Jawa, Sumatera, hingga Sulawesi.

Kepala Bidang Operasi dan Pemeliharaan Bafan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Ranto Parlindungan Rajagukguk mengatakan, dioperasikannya beberapa ruas tol diharapkan bisa mempermudah aksesibilitas dan juga mobilisasi kendaraan pemudik yang melintas menuju kampung halaman dari keempat pulau tersebut.

“Lebaran tahun ini kita targetkan semua yang sudah diresmikan sudah bisa dioperasikan,” ujarnya di kantor BPJT, Jakarta, Senin (22/4/2019).

Baca Juga: Pemudik Asal Jabodetabek Diprediksi Meningkat pada Lebaran 2019

Ranto menambahkan, beberapa jalan tol yang sudah bisa dilalui misalnya, Tol Trans Jawa mulai dari Merak hingga Probolinggo yang sudah tersambung yaitu sepanjang 964 Km. Mulai dari ruas Tol Tangerang Merak sepanjang (73 Km), Jakarta Tangerang (27 Km), Tomang Cawang (12,8 Km), Jakarta Cikampek (72 Km), Cikampek Palimanan ( 116 Km), Palimanan Kanci (26 Km), Kanci Pejagan (35 Km), Pejagan Pemalang (57,5 Km), Pemalang Batang (39 Km), Batang Semarang (75 Km), dan Semarang Seksi A & B (14 Km).

Selanjutnya ruas tol Semarang -Solo (72,6 Km), Solo Ngawi (90,1 Km), Ngawi Kertosono (87 Km), Kertosono Mojokerto (40,5 Km), Surabaya Mojokerto (34 Km), Surabaya Gempol seksi Waru Gempol (27 Km), Gempol Pandaan seksi Gempol IC Gempol JC (2 Km), Gempol Pasuruan (34,2 Km), dan Pasuruan Probolinggo Timur (31,3 Km).

Sedangkan untuk jalan tol Pandaan Malang seksi I-lll sepanjang 30,6 Km yang menghubungkan wilayah Surabaya Malang, saat mudik lebaran 2019 direncanakan akan beroperasi fungsional tanpa tarif. Sebab, meskipun sudah rampung namun jalan tol ini belum diresmikan secara langsung oleh Presiden Jokowi.

“Ada beberapa juga yang belum bisa dioperasikan misalnya Pandaan – Malang kemaren sudah laik fungsi selesai seksi I-III,” jelasnya.

Baca Juga: Tiket Pesawat Mahal, Pemudik Beralih ke Transportasi Darat

Sementara Jalan Tol di wilayah Pulau Sumatera juga sudah beberapa ruas tol yang siap dioperasikan dalam mendukung arus mudik Lebaran 2019. Misalnya Jalan Tol Trans Sumatera ruas Bakauheni Terbanggi Besar telah beroperasi sepanjang 140,41 Km, Terbanggi Besar Pematang Panggang Kayu Agung direncanakan fungsional (189,20 Km).

Selanjutnya, ruas jalan tol Palembang Indralaya (21,93 Km), Medan Binjai Seksi ll dan III Heme Binjai (10,46 Km), Medan Binjai Seksi I Segmen Helvetia Jl. Veteran beroperasi fungsional (2,8 Km), mas Medan Kualanamu -Tebing Tinggi (62,11 Km), Belawan Medan Tanjung Morawa (42,7 Km).

“Sumatera itu ada Bakauheni Terbanggi Besar operasi penuh. Sedangkan Bakauheni sampai Kayu Agung itu fungsional,” ucapnya.

Sementara untuk Sulawesi ada jalan tol Manado Bitung yang akan siap digunakan saat mudik. Sedangkan di pulau Kalimantan ada Balikpapan – Samarinda yang siap digunakan saat mudik Lebaran.

“Kemudian untuk wilayah Sulawesi mungkin Manado-Bitung. Sama dengan Balikpapan- Samarinda,” kata Ranto.

Check Also

Indonesia Bakal Ekspor Tempe

JAKARTA – Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menyampaikan Indonesia tengah mempersiapkan diri untuk mengekspor salah satu ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: