Home / Warta / Mancanegara / China: Sanksi PBB Tidak Mampu Selesaikan Isu Rohingya
Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China, Hua Chunying (Foto: dok. AP)

China: Sanksi PBB Tidak Mampu Selesaikan Isu Rohingya

BEIJING, Waspada.co.idChina, Selasa (28/8) menyatakan tidak menghalangi tindakan PBB mengenai masalah pengungsi Muslim Rohingya, tetapi negara itu tidak yakin sanksi-sanksi atau kritik terhadap pemerintah Myanmar akan membantu menyelesaikan krisis pengungsi.

Pernyataan juru bicara Kementerian Luar Negeri, Hua Chunying itu muncul sehari setelah para penyelidik yang bekerja bagi badan HAM PBB menyatakan para pemimpin militer Myanmar harus dituntut karena melakukan genosida terhadap Rohingya.

China adalah anggota tetap Dewan Keamanan PBB yang memiliki hak veto mengenai apakah isu tersebut akan diajukan ke Mahkamah Kejahatan Internasional. China selama ini bungkam dan tidak mengeluarkan kecaman terhadap pemerintah Myanmar selama krisis pengungsi berlangsung.

Hua mengatakan China meyakini masalah Rohingya memiliki latar belakang sejarah, keagamaan dan etnik yang kompleks dan China berharap akan memainkan peran konstruktif dalam mencari solusi yang tepat.

baca: Pompeo: AS Tetap Tuntut Pertanggungjawaban Pelaku Pembantaian Etnis Rohingya

Padahal Mei lalu, Amerika secara tidak langsung mengkritik China, karena dianggap melindungi Myanmar dari pernyataan keras Dewan Keamanan seputar tindakan militer Myanmar yang umumnya menumpas Muslim Rohingya, Reuters melaporkan. Sedangkan Amerika dan negara-negara lain mencela dan menyebut penumpasan itu pembersihan etnis.

Duta Besar Amerika untuk PBB Nikki Haley tidak menyebut langsung nama China. Namun China mengusulkan perubahan yang substansial atas pernyataan Dewan Keamanan yang disusun Inggris tentang Myanmar pekan lalu. Dewan yang beranggota 15 negara itu akhirnya menyetujui pernyataan yang bunyinya lebih lunak dari semula.

Lebih dari 700 ribu warga Rohingya telah melarikan diri ke negara tetangganya, Bangladesh, sepanjang tahun lalu untuk menghindari tindakan keras pemerintah Myanmar setelah serangan pemberontak terhadap pos-pos polisi dan keamanan. (wol/voa)

Check Also

Inggris Bantu Cari Bukti Kekerasan di Rohingya

LONDON, Waspada.co.id – Menteri Luar Negeri Inggris Jeremy Hunt melakukan kunjungan ke Myanmar selama dua ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: