Home / Warta / Mancanegara / China: Kami tidak Tertarik Ikut Campur Politik AS
juru bicara Departemen Luar Negeri China, Hua Chunying. (www.fmprc.gov.cn)

China: Kami tidak Tertarik Ikut Campur Politik AS

BEIJING, Waspada.co.id – Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Hua Chunying dengan tegas membantah tuduhan Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Mike Pence yang menyatakan China berupaya mempengaruhi pemilihan jeda AS pada 6 November mendatang. Hua mengatakan sangat konyol ketika perdagangan dan kerja sama China dengan perusahaan AS dianggap sebagai upaya intervensi.

“China selalu mengikuti prinsip nonintervensi pada urusan internal negara lain dan kami tidak tertarik ikut campur pemilihan umum dan urusan internal AS,” kata Hua, seperti dilansir dari China Daily, Ahad (7/10).

Hua pun membalas pernyataan Pence tersebut. Hua mengatakan masyarakat internasional sudah mengetahui siapa sebenarnya yang selalu mengganggu kedaulatan, mengintervensi urusan internal dan mengesampingkan kepentingan negara lain.

Hua mengatakan tuduhan Pence tentang kebijakan domestik dan luar negeri China tersebut tidak mendasar. Hua mengatakan tuduhan tersebut sebagai fitnah.

Pernyataan tersebut, tambah Hua, juga mengaburkan mana yang benar dan mana yang salah. “Pihak China dengan tegas menentangnya,” tambah Hua.

Tuduhan tersebut Pence ungkapkan saat berpidato di lembaga think-tank Gedung Putih, Hudson Institute. Pence mengatakan China tengah mencari cara untuk ikut campur dalam pemilu jeda AS sebagai balasan atas kebijakan tarif impor AS pada komoditas China.

Hua mengatakan kebijakan China atas hubungan mereka dengan AS konsisten dan jelas. “Kami berkomiten bergandengan tangan dengan AS untuk bekerjasama tanpa konflik, tanpa konfrontasi, saling-menghargai dan saling menguntungkan, kami mendesak AS untuk memperbaiki kesalahan mereka, berhenti menuduh dan memfitnah China dan melukai kepentingan China dan hubungan China-AS serta mengambil langkah konkret untuk menjaga hubungan China-AS yang sehat dan mantap,” paparnya.

Dalam pidatonya tersebut Pence juga membanggakan investasi AS yang membuat perekonomian China bisa berkembang pesat seperti sekarang. “Sebagian kesuksesan itu didorong oleh investasi orang Amerika di China,” kata Pence.

Hua pun membantah pernyataan sebelah pihak tersebut. Hua mengatakan perkembangan China karena kerja keras rakyat China dan kerja sama yang saling menguntungan dengan negara-negara lain di seluruh dunia. (republika/data2)

Check Also

Berhasil Rekayasa Genetika Bayi, Ilmuwan China Banjir Kecaman

HONGKONG,Waspada.co.id – Seorang periset China secara terbuka terbuka membela klaimnya bahwa ia telah menciptakan bayi manusia ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: