_
Home / Warta / Mancanegara / China Hukum Mati Warga Negara Kanada Atas Kejahatan Narkotika
foto: ilustrasi (pixabay)

China Hukum Mati Warga Negara Kanada Atas Kejahatan Narkotika

BEIJING, Waspada.co.id – Pengadilan China pada Selasa menjatuhkan hukuman mati terhadap seorang warga negara Kanada atas tuduhan memproduksi dan mengedarkan metamphetamine. Vonis itu dijatuhkan di tengah hubungan antara Beijing dan Ottawa yang tegang karena penahanan pimpinan perusahaan teknologi Huawei.

Dalam pernyataan yang dilansir Reuters, Selasa (30/4/2019), Pengadilan Menengah Jiangmen menyatakan bahwa Fan Wei, seorang warga negara Kanada sebagai pimpinan jaringan produsen dan pengedar narkotika tersebut.

Tersangka lain, Wu Ziping, juga dijatuhi hukuman mati tetapi kewarganegaraan Wu tidak disebutkan dalam pernyataan itu. Pengadilan juga tidak menyebutkan jenis kelamin Fan atau Wu.

Selain kedua tersangka, pengadilan juga menjatuhkan vonis terhadap sembilan orang lainnya, termasuk seorang warga Amerika Serikat (AS) dan empat warga negara Meksiko.

Pernyataan tersebut tidak merinci hukuman apa yang diterima kelima warga negara asing itu, meskipun mengindikasikan bahwa hukuman minimum yang mereka dapatkan adalah vonis penjara seumur hidup. Disebutkan bahwa empat tersangka lainnya telah dipenjara, meskipun tidak dijelaskan untuk berapa lama.

Fan adalah warga negara Kanada kedua yang dijatuhi hukuman mati di China tahun ini, di tengah ketegangan yang meningkat antara kedua negara setelah penahanan Chief Financial Officer (CFO) Huawei, Meng Wanzhou oleh kepolisian Kanada pada Desember tahun lalu. Meng yang merupakan putri dari pendiri Huawei, Ren Zhengfei ditahan atas permintaan AS.

Sejak penahanan tersebut, China juga telah menahan dua warga negara Kanada atas dasar keamanan nasional. (republika/data2)

Check Also

Trump Harapkan Kesepakatan Perdagangan “Lengkap” dengan China

WASHINGTON, Waspada.co.id – Presiden AS Donald Trump pada hari Jumat (20/9) mengatakan ia menginginkan kesepakatan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.