Home / Warta / Mancanegara / China Bantah Tuduhan Mata-matai AS
foto: Ilustrasi (AFP PHOTO)

China Bantah Tuduhan Mata-matai AS

BRUSSEL,Waspada.co.id – China membantah tuduhan spionase yang dilayangkan oleh Amerika Serikat. Hal ini terkait tuduhan AS tentang seorang agen intelijen China yang diekstradisi dari Belgia. Hal ini kemungkinan memperburuk ketegangan antara dua negara.

Departemen Kehakiman mengatakan bahwa Xu Yanjun, seorang pejabat dari Kementrian Keamanan Negara telah membuat rencana untuk mendapatkan rahasia dagang dari GE Aviation dan perusahaan lain sejak 2013.

Sebuah dakwaan menyarankan dirinya dibujuk ke Belgia dalam operasi intelijen dimana dirinya ditangkap atas surat perintah AS pada 1 April lalu.

Pengumuman itu datang ketiga ketegangan antara AS dan China meningkat karena geopolitik, perdagangan, peretasan, dan spionase perusahaan. Xu diserahkan oleh Belgia ke AS, ini pertama kalinya seorang perwira intelijen China diekstradisi dari negara lain.

“Ekstradisi yang belum pernah ada sebelumnya dari seorang perwira intelijen China ini memperlihatkan adanya pengawasan langsung dari pemerintah China terhadap spionase ekonomi kepada AS,” kata asisten direktur FBI, Bill Priestap.

Namun, juru bicara kementrian luar negeri China, Lu Kang berharap pihak AS dapat menangani hal ini sesuai hukum.

China musuh AS
Pada pekan lalu, wakil presiden AS, Mike Pence mengatakan bahwa china sebagai musuh AS di semua bagian. Dirinya mengatakan bahwa pihaknya berusaha melemahkan presiden AS, Donald Trump.

“Apa yang dilakukan Rusia tidak bisa dibandingkan dengan apa yang dilakukan China di seluruh ini,” kata dia.

Pejabat dari departemen kehakiman melemparkan penangkapan Xu sebagai bagian dari perjuangan global melawan dugaan kampanye China mencuri rahasia ekonomi AS.

“Kasus ini bukan insiden yang terisolasi. Ini adalah bagian dari kebijakan ekonomi keseluruhan untuk mengembangkan China atas biaya Amerika,” kata Asisten Jaksa Agung, John Demers.

“Kami tidak bisa mentoleransi bangsa yang mencuri senjata kami dan buah dari kekuatan kami. Kami tidak akan mentolerir bangsa yang menuai apa yang tidak ditabur,” kata dia menambahkan.

Xu diduga menjalankan operasi selama lima tahun dan berusaha untuk mencuri rahasia perdagangan dari GE Aviation yang berbasis di Ohio dan perusahaan penerbangan lainnya termasuk pemasok militer AS.

Dirinya berusaha untuk merekrut seorang sumber dan membawa mereka ke China untuk mendukung mereka serta mendapatkan informasi mengenai teknologi GE.

Contohnya, Xu menargetkan data pada desain dan material baling-baling mesin GE, dan mengirimkan pertanyaan-pertanyaan spesifik informasi yang ingin dia jawab.

Pada 26 September, AS menugaskan insinyur listrik, Ji Chaoqun dengan sengaja bertindak sebagai agen China. Hal ini dikarenakan Pada tanggal 26 September, AS menugaskan insinyur listrik Ji Chaoqun dengan sengaja bertindak sebagai agen China. Dakwaan Ji mengatakan dia telah direkrut untuk membantu mengidentifikasi target rekrutmen potensial untuk pejabat MSS.

Kedua dakwaan menyarankan pejabat kontra intelijen AS untuk merekrut informan agar dapat membantu mengumpulkan bukti terhadap China. (cnn/data1)

Check Also

Berhasil Rekayasa Genetika Bayi, Ilmuwan China Banjir Kecaman

HONGKONG,Waspada.co.id – Seorang periset China secara terbuka terbuka membela klaimnya bahwa ia telah menciptakan bayi manusia ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: