Home / Warta / Mancanegara / Cekik 400 Pengikut, Pemimpin Sekte di Korsel Ditangkap
Foto: Shin Ok-Ju. (AFP)

Cekik 400 Pengikut, Pemimpin Sekte di Korsel Ditangkap

SEOUL,Waspada.co.id – Seorang pemimpin sekte ditangkap otoritas Bandara Internasional Incheon di Seoul, Korea Selatan. Dia terbukti mencekik dan melakukan kekerasan lainnya terhadap 400 jemaat, dalam sebuah ritual kejam dan brutal yang dilakukan di Fiji.

Shin Ok-ju dari Gereja Jalan Rahmat (Grace Road Church) ditangkap bersama dengan tiga pemimpin lainnya, ketika mereka mendarat di Negeri Ginseng pada Rabu lalu.

Pihak berwenang di Seoul mengatakan bahwa Shin mulai mendorong pengikutnya untuk melakukan perjalanan ke Fiji sejak 2014, setelah dia mengumumkan ramalan tentang kelaparan di Semenanjung Korea.

Namun sesampainya di Fiji, sebagaimana dikutip dari South China Morning Post pada Kamis (2/8/2018), paspor mereka disita dan kemudian dibagi menjadi beberapa kelompok, termasuk salah satu yang dilarang keras pergi dari pengawasan Shin.

Ketika berada di Fiji, seluruh jemaat dipaksa melakukan ritual pemukulan satu sama lain, yang dikatakan Shin dilakukan untuk menghindari hukuman dari Tuhan.

Seorang ayah dipaksa memukul putranya lebih dari 100 kali, dan seorang anggota jemaat lainnya dipukuli dengan sangat parah hingga mengalami kerusakan pada otaknya.

Menurut salah satu media Kristiani di Korea Selatan, setidaknya lima orang berhasil melarikan diri dan menghubungi pihak berwenang di negara asalnya.

Dijelaskan pula oleh pihak berwenang di Korea Selatan, ini bukan kali pertama Shin terjerat masalah hukum. Sebelumnya, ia sempat digugat USD 6 juta (setara Rp 86,9 miliar) pada 2014 di Brooklyn, New York, setelah seorang pria 27 tahun penderita gangguan mental berusaha disembuhkan dengan doa oleh Shin.

Pria itu diikat dengan selotip selama ritual penyembuhan, membuat kakinya terluka parah sehingga harus diamputasi.(wol/data1)

Check Also

Kim Jong-un Sambut Presiden Korsel di Bandara Korut

PYONGYANG, Waspada.co.id – Pemimpin tertinggi Korea Utara, Kim Jong-un, menyambut kedatangan Presiden Korea Selatan, Moon ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: