Home / Warta / Politik / Calon Kepala Daerah Terjaring OTT, Pimpinan KPK Singgung Soal Integritas
Wakil Ketua KPK Saut Situmorang. (Ist)

Calon Kepala Daerah Terjaring OTT, Pimpinan KPK Singgung Soal Integritas

agregasi
agregasi

 

JAKARTA – Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang menyinggung masalah integritas terkait dengan beberapa calon kepala daerah yang terjaring operasi tangkap tangan (OTT) penyidik lembaga antirasuah dalam beberapa pekan terakhir.

Beberapa calon kepala daerah yang terjaring operasi senyap itu, sebut saja Bupati Ngada, Nusa Tenggara Timur (NTT) , Marianus Sae, yang hendak maju dalam bursa calon Gubernur NTT. Lalu, Bupati Lampung Tengah, Mustafa sebagai Calon Gubernur Lampung dan Nyono Suharli Wihandoko, bakal Calon Bupati Jombang.

“Kalau kita, kita itu berintegritas maka mau Pilkada atau tidak sedang Pilkada kita akan tetap berintegritas,” kata Saut saat dikonfirmasi Okezone, Jakarta, Jumat (16/2/2018).

Saut menekankan, pesta demokrasi harus berlangsung tanpa adanya praktik suap dan korupsi. Mengingat, proses demokrasi Indonesia sudah memasuki kedewasaan, atau masyarakat saat ini lebih ‘melek’ politik.

Saut juga berpangangan, integritas yang baik mampu mencegah seseorang apalagi calon kepala daerah untuk melakukan praktik rasuah. Menurutnya, terjaringnya calon kepala daerah yang terbukti menerima suap untuk logistik perhelatan pesta demokrasi hanya sebuah momentum.

Ada atau tidak adanya pilkada, lanjut Saut, apabila seseorang tidak memiliki integritas yang baik, maka potensi untuk melakukan korupsi tetap akan terbuka lebar. Oleh karenanya, dia berharap seluruh calon kepala daerah harus memiliki pakem untuk anti melakukan korupsi.

“Karena integritas tidak melihat ruang dan waktu, tidak berubah karena kesempatan, jadi ini bukan soal pesta sedang pesta demokrasi, ini hanya Triger saja,” tutur Saut.

Disisi lain, terkait dengan proses hukum para calon kepala daerah yang terjaring OTT. Saut menekankan, saat ini pihaknya terus melakukan pendalaman dan penyidikan lebih lanjut.

“Urusannya dengan KPK kalau bisa kami buktikan ya dilanjutkan prosesnya,” tutup Saut.

Check Also

Megawati Sindir Kepala Daerah yang Pindah Partai demi Kekuasaan

  SURABAYA – Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri menyebut ada kepala ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: