Home / Warta / Politik / “Butuh 4 Hari Yakinkan Ma’ruf Amin Jadi Cawapres”

“Butuh 4 Hari Yakinkan Ma’ruf Amin Jadi Cawapres”

JAKARTA, Waspada.co.id – Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar menyatakan pilihan Jokowi sudah tepat dengan memilih Ma’ruf Amin sebagai cawapres. Sebab, pasangan ini merupakan nasionalis-religius.

“Tiap malam kita diskusi, melakukan analisis, berkomunikasi. Semuanya bagian agar menjadi yang terbaik. Ini pilihan Pak Jokowi yang paling tepat,” kata pria yang akrab disapa Cak Imin di DPP PKB, Jakarta, Kamis (9/8) malam.

Ia pun menolak bila keputusan Jokowi memilih Ma’ruf sebagai sebuah hal yang mendadak. Menurutnya nama Ma’ruf sebenarnya sudah muncul sejak dua pekan ke belakang.

“Sejak dua minggu terakhir ada lima M, Muhaimin, Mahfud, Ma’ruf pokoknya lima M. Di antara itu Pak Jokowi timang nimbang meminta persetujuan bersama, akhirnya Pak Jokowi menentukan pak Ma’ruf jadi cawapres,” ungkapnya.

Sementara itu, Sekjen PKB Abdul Kadir Karding menyatakan suksesnya Ma’ruf Amin menjadi cawapres Jokowi tak lepas dari peran Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar. Muhaimin sebagai panglima santri telah mengubah jalannya peta politik penentuan cawapres.

“Jujur, saya menyaksikan empat hari Cak Imin kurang tidur untuk mengubah konstelasi,” ucap Karding.

Karding menjelaskan bahwa dalam empat hari ini memang arah peta politik penentuan cawapres Jokowi sangat dinamis. Pada saat itu, Karding sebut cawapres Jokowi belum pasti antara Moeldoko dan Mahfud MD.

“Kadang-kadang yang kuat Pak Moeldoko, kadang yang kuat Pak Mahfud. Kita kerja (mendorong) bagaimana supaya Pak Muhaimin atau orang NU yang jadi (cawapres),” paparnya.

Termasuk dengan pemanggilan Jokowi kepada Ma’ruf Amin, Ketum PBNU Said Aqil Siradj serta Cak Imin pada Rabu 8 Agustus 2018 dalam menyuarakan aspirasi kader NU agar menjadi cawapres.

“Mungkin dari pertimbangan (pertemuan) itulah kemudian presiden berpikir ulang, dinamis lagi,” katanya. (viva/ags/eli)

Check Also

Ma’ruf Amin Sebut Jokowi Dekat Dengan Kelompok Islam

JAKARTA, Waspada.co.id – Calon Wakil Presiden nomor urut 01, Ma’ruf Amin menegaskan bahwa Presiden Joko ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: