Home / Warta / Ekonomi dan Bisnis / BTN Catat 400 Debitur Lakukan Akad KPR di Sumut

BTN Catat 400 Debitur Lakukan Akad KPR di Sumut

Waspada.co.id – Bank Tabungan Negara (BTN) mencatat ada 400 debitur yang melakukan akad KPR di wilayah Sumatera Utara.

Sumatera Utara menjadi salah satu daerah terbanyak melakukan akad atau kontrak perjanjian Kredit Pemilikan Rumah (KPR) yang dilaksanakan serentak secara nasional oleh Bank Tabungan Negara (BTN). Demikian hal ini disampaikan Direktur Bank BTN, Budi Satria kepada Wartawan dalam rangka Hari Kartini dan Hari Bumi Sedunia, dan digelar seluruh kantor cabang, Senin (22/4).

Dan secara nasional, keseluruhan sebanyak 8.500 unit rumah. Sumut masih jadi pasar potensial perumahan, karena kebutuhan juga masih tinggi.

“400 unit rumah yang diakadkan di Sumut di bawah kantor cabang BTN Medan itu terdiri dari KPR subsidi 90 persen dan selebihnya non subsidi. Sementara itu, dari akad yang dilaksanakan serentak secara nasional, akad KPR subsidi sebanyak 7.900 unit dan KPR non subsidi 600 unit (konvensional dan syariah),” terangnya di Proyek Rorinata Resindence, Kelurahan Sukamaju, Kecamatan Sunggal, Deli Serdang.

Tercatat, nilai total kredit KPR mencapai sekitar Rp 1,21 triliun. Untuk bisa terus ekspansif di lini KPR dan sering melakukan berbagai langkah strategis, seperti ini, akad KPR massal.

Ia menambahkan bahwa sejak tahun 1976 sampai dengan Maret 2019, secara total BTN telah menyalurkan KPR kepada lebih dari 4,4 juta unit rumah, baik subsidi maupun non subsidi.

“Kegiatan ini juga digelar sebagai wujud dukungan kesuksesan program Pembangunan Satu Juta Rumah,” tambahnya.

Akad massal ini akan memacu penyaluran KPR BTN agar tumbuh sesuai target di 2019, yaitu sebesar 15 persen.

Sementara menurut, Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi bahwa rumah adalah kebutuhan pokok, dan perlu teratur, serta bersih. Dirinya masih maklum jika lokasi di Proyek Rorinata Resindence sebagian masih gersang, karena masih banyak yang belum ditempati.

“Saya sangat mengapresiasi pembangunan perumahan untuk rakyat yang dilakukan pengembang dan dukungan kuat BTN dalam pemberian kredit. Dirinya mendukung pengembangan perumahan untuk rakyat agar semakin sejahtera,” tandasnya.(wol/rls/Eko/data1)

Check Also

Hadapi Ramadhan, Smartfren Siap Layani Kebutuhan Komunikasi

BANDUNG, Waspada.co.id – Menjelang bulan Ramadhan serta hari raya Idul Fitri, PT Smartfren Telecom Tbk ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: