Home / Warta / Ekonomi dan Bisnis / BPS Catat Maret 2018, Medan Alami Inflasi 0,61 Persen
WOL ilustrasi

BPS Catat Maret 2018, Medan Alami Inflasi 0,61 Persen

MEDAN, WOL – Perkembangan harga berbagai komoditas di Kota Medan pada Maret 2018 secara umum menunjukkan adanya peningkatan.

Berdasarkan catatan Badan Pusat Statistik (BPS) Wilayah I Sumatera Utara, pada bulan ini, Medan mengalami inflasi 0,61 persen.

Kepala Bidang Statistik Produksi BPS Sumut, Bismark Saor Pardamean, mengatakan inflasi terjadi karena adanya peningkatan harga yang ditunjukkan oleh naiknya indeks lima kelompok pengeluaran.

“Ada kelompok bahan makanan sebesar 1,89 persen, kelompok perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar sebesar 0,12 persen, kelompok sandang sebesar 0,57 persen, kelompok kesehatan sebesar 0,86 persen, dan kelompok transportasi komunikasi dan jasa keuangan sebesar 0,29 persen,” tuturnya, Senin (2/4).

Sementara itu, kelompok yang mengalami penurunan indeks yaitu kelompok makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau sebesar 0,04 persen dan kelompok pendidikan, rekreasi, dan olahraga sebesar 0,01 persen.

“Dan kelompok pengeluaran yang memberikan andil inflasi yaitu, kelompok bahan makanan sebesar 0,47 persen, kelompok perumahan, air, listrik, gas, dan bahan bakar sebesar 0,03 persen, kelompok sandang sebesar 0,03 persen, kelompok kesehatan sebesar 0,03 persen, dan kelompok transportasi, komunikasi dan jasa keuangan sebesar 0,06 persen,” jelasnya.

Sedangkan kelompok pengeluaran yang menyumbang deflasi yaitu, kelompok makanan jadi, minuman, rokok, dan tembakau sebesar 0,01 persen.

“Kelompok pendidikan, rekreasi, dan olah raga memberikan kontribusi yang sangat kecil terhadap inflasi umum Kota Medan,” pungkasnya.(wol/eko/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Krisis Ekonomi, MenKeu Baru Sudan Tolak Menjabat

KHARTOUM, Waspada.co.id – Abdullah Hamduk, yang ditunjuk menjadi menteri keuangan di pemerintahan baru Sudan, secara ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: