_
Home / Warta / Mancanegara / Bolivia Buka Akademi Militer Anti Imperialis
antaranews.com

Bolivia Buka Akademi Militer Anti Imperialis

BOLIVIA, WOL – Presiden Bolivia Evo Morales membuka sebuah akademi militer, Rabu (17/8) waktu setempat, yang dia sebut akan mengajarkan doktrin anti-imperialis demi menangkal kebijakan-kebijakan Amerika Serikat yang didasarkan pada ketakutan.

“Amerika Serikat telah mendirikan School of the Americas untuk mendoktrin angkatan bersenjata menjadi pro imperialisme,” kata Morales, merujuk akademi militer AS era Perang Dingin yang melatih para diktator Amerika Latin dan militer mereka dalam menghadapi pemberontakan dan mempelajari teknik penyiksaan.

“Jika imperium mengajarkan dominasi dunia dari akademi-akademi militernya, maka kami akan belajar dari akademi-akademi kami dalam memerdekakan kami dari penindasan imperialis,” kata dia.

Morales telah menjadi pengecam utama kebijakan luar negeri AS dan menjadi salah satu pemimpin kiri yang masih tersisa dari blok kiri Amerika Selatan.

Belum lama pekan ini dia mengunjungi Kuba untuk bertemu dengan Fidel Castro dalam rangka ulang tahun ke-90 pemimpin revolusioner itu.

Akademi militer itu terletak di Bolivia timur di situs bekas pusat pelatihan pasukan perdamaian PBB.

Sekitar 200 kadet akan belajar sejarah, geopolitik dan strategi militer, kata Bolivia. Akademi ini terbuka untuk negara-negara kiri Ameria Latin lainnya yang tergabung dalam blok ‘ALBA’, yang terdiri dari Bolivia, Venezuela, Nikaragua dan Kuba, demikian Reuters.

(antara)

Check Also

DPR Apresiasi KSAD Pertahankan Enzo Allie sebagai Taruna Akmil

JAKARTA – Ketua Komisi I DPR RI, Abdul Kharis Almasyhari, mengapresiasi langkah Kepala Staf TNI ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.