_
Home / Warta / Indonesia Hari Ini / BNPB Keluhkan Minimnya Anggaran Mitigasi Bencana 2019
Kapusdatin dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho (Foto: Fadel Prayoga/Okezone)

BNPB Keluhkan Minimnya Anggaran Mitigasi Bencana 2019

BADAN Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebut, tata ruang di Indonesia dewasa ini masih terbilang buruk. Hal itu yang memicu betapa rawannya negeri ini terhadap bencana alam yang kapanpun selalu mengintai.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, setiap membangun infrastruktur sejatinya dilakukan kajian mendalam agar konstruksi bangunan tahan terhadap gempa.

Tak hanya itu, pemerintah pusat dan daerah harus memiliki kesadaran bahwa Indonesia adalah negeri sangat rawan bencana. Sehingga, dalam memberi perizinan untuk membangun hotel atau permukiman tidak boleh sembarangan.

“Padahal penataan ruang itu jauh lebih efektif ketimbang mitigasi bencana. Daripada kita membangun instrumen-instrumen yang macam-macam. Jadi, yang kita bangun adalah manusianya,” kata Sutopo kepada Okezone belum lama ini.

Sutopo lantas menyesalkan minimnya dana mitigasi bencana yang dialokasikan tahun ini. Pasalnya sebut dia, anggaran yang diterima BNPB setiap tahunnya selalu mengalami penurunan. Pada tahun 2019 ini saja, BNPB hanya menerima dana sebesar Rp610 miliar, di mana tahun lalu jumlahnya lebih tinggi yakni senilai Rp746 miliar.

“Padahal dana itu digunakan untuk mitigasi bencana, peringatan dini, jalur evakuasi, dan rambu-rambu evakuasi, melatih sosialisasi kepada masyarakat,” paparnya.

Infografis Lipsus Bencana Alam

Menurutnya, semestinya pemerintah melihat dengan bertambahnya penduduk setiap tahun, anggaran untuk mitigasi bencana otomatis juga harusnya dinaikkan. Dana ideal yang sejatinya diterima BNPB itu adalah sebesar satu persen dari total APBN atau APBD.

“Idealnya yang diperlukan adalah satu persen dari APBN atau APBD. Anggaran turun, otomatis output yang kita lakukan juga menurun,” paparnya.

Meski demikian lanjut Sutopo, pihaknya tidak pernah pantang semangat untuk membantu seluruh masyarakat Indonesia yang tertimpa musibah bencana alam.

Tak lupa dirinya mengingatkan bahwa ada 2.500 bencana yang kemungkinan melanda Indonesia sepanjang 2019 seperti banjir, puting beliung, dan longsor yang masih akan mendominasi.

“BNPB itu personelnya hanya ada sekitar 900 orang, 400 PNS, 500 outsource. Angka idealnya di BNPB itu 1.500,” katanya memungkasi.

Check Also

Kanker Paru Sutopo Diketahui Sudah Menyebar ke Tulang dan Organ Lain

  JAKARTA – Kanker paru yang diderita Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Nasional ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: