_
Home / Warta / Indonesia Hari Ini / BNPB: Bencana Tidak Ada Kaitannya dengan Era Pemerintahan
Humas BNPB Sutopo (Foto: Okezone)

BNPB: Bencana Tidak Ada Kaitannya dengan Era Pemerintahan

agregasi

 

JAKARTA – Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho menyatakan, peristiwa bencana yang terjadi di Indonesia tak bisa dikaitkan dengan era pemerintahan yang sedang berkuasa. Sebab, menurutnya, segala bencana yang terjadi itu berasal dari ulah manusia yang kini kerap merusak alam.

“Urusan bencana adalah urusan kemanusiaan, tidak ada kaitannya era pemerintahan. Siapapun Presiden Indonesia pasti akan berhadapan dengan bencana,” kata Sutopo di Kantor BNPB, Jakarta Timur, Senin (31/12/2018).

Akibat dari rusaknya alam, kata dia, seperti hutan semakin berkurang, lahan hijau kritis meningkat, daerah aliran sungai bersih juga berkurang maka akan memicu terjadinya bencana hidrometologi.

Sutopo menjelaskan, bencana hidrometeorologi adalah bencana alam yang terjadi sebagai dampak dari fenomena meteorologi, seperti hujan lebat, angin kencang, dan gelombang tinggi.

“Otomatis rusaknya lingkungan tadi menyebakan meningkatnya bencana hidrometologi,” jelasnya.

Sutopo merinci, jumlah terjadinya bencana sejak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) hingga kini era Presiden Joko Widodo (Jokowi). Kata dia, di masa kepemimpinan SBY dari November 2004 hingga Oktober 2014, tercatat ada 12.820 bencana dan 181.045 orang meninggal dunia.

“Sementara zaman Pak Jokowi ada 9.957 bencana dan 6.170 orang meninggal dunia dalam kurun waktu November 2014 hingga 27 Desember 2018,” tandasnya.

Check Also

BNPB Prediksi Kerugian Karhutla 2019 Capai Rp66,3 Triliun

  JAKARTA – Plt Kepala Pusat Data, Informasi, dan Hubungan Masyarakat BNPB Agus Wibowo memprediksi ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.