Newsticker
WOL / Warta / Indonesia Hari Ini / BNN: 41 Narkoba Jenis Baru Beredar di Indonesia
WOL Photo/Ega
WOL Photo/Ega

BNN: 41 Narkoba Jenis Baru Beredar di Indonesia

JAKARTA, WOL – Badan Narkotika Nasional (BNN) menemukan tiga narkotika jenis baru atau yang biasa disebut dengan New Psychoactive Substances (NPS).

“Dengan ditemukannya tiga NPS tersebut maka saat ini Laboratorium BNN telah mengidentifikasi 41 Narkotika jenis baru yang beredar di Indonesia,” kata Kepala BNN, Budi Waseso, Jumat (11/3).

NPS yang ditemukan BNN adalah AB-PINACA, THJ-2201, dan THJ-018. Ketiga Narkotika jenis baru tersebut merupakan zat yang diambil dari sampel tembakau yang distimulan oleh zat synthetic cannabinoid dengan efek yang ditimbulkan adalah halusinogen, efek cannabinoid, dan toxic, katanya.

“Dampak dari efek halusinogen yakni dapat menyebabkan seseorang melihat warna acak, pola, peristiwa dan bahkan bisa melihat sesuatu yang tidak ada seolah adalah nyata,” ujar Buwas, sapaan akrabnya.

Halusinogen menimbulkan halusinasi yang bersifat mengubah perasaan, pikiran, dan dapat menciptakan daya pandang yang berbeda sehingga menyebabkan seluruh perasaan dapat terganggu.

Dari penemuan ini, maka jumlah NPS yang berhasil diidentifikasi oleh BNN adalah sebanyak 41 NPS. Namun, baru 18 NPS yang sudah masuk di dalam daftar lampiran Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) No. 13 Tahun 2014.(inilah/data1)

Baca Juga

foto: istimewa

Siti Aisyah Korban Operasi Intelejen?

JAKARTA, WOL – Kasus pembunuhan tokoh Korea Utara Kim Jong Nam yang melibatkan Siti Aisyah ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.