Home / Warta / Mancanegara / Bing Terjemahkan Kata Lain dari ISIS Menjadi ‘Arab Saudi’
Screenshot Bing yang menerjemahkan kata Daesh jadi Arab Saudi (Foto: Telesurtv.net)

Bing Terjemahkan Kata Lain dari ISIS Menjadi ‘Arab Saudi’

agregasi
agregasi

 

AL KHOBAR – Sebuah sistem eror terjadi di mesin pencari dan aplikasi penerjemah milik Microsoft yakni Bing yang telah membuat warga Arab Saudi naik pitam. Pasalnya, pekan kemarin ketika mengetik kata Daesh dalam bahasa Arab, Bing langsung menerjemahkannya menjadi kata ‘Arab Saudi’.

Daesh sendiri memiliki singkatan Al Dawla al Islamiya al Iraq al Sham, dan ini adalah nama lain dari kelompok teroris ISIS. Aplikasi Bing bisa dikatakan sebagai saingan dari Google Translate yang kerap digunakan para netizen untuk menerjemahkan berbagai kata atau kalimat dalam bahasa asing.

Namun pada pekan kemarin, para netizen di Arab Saudi menyadari sebuah keanehan. Sebab ketika mereka mengetik kata Daesh dalam bahasa Arab yang diterjemahkan ke Inggris maka hasil yang muncul di Bing adalah kata Arab Saudi.

Tentu saja hal ini langsung membuat banyak warga Saudi yang geram. Bahkan banyak di antara netizen yang ingin memboikot Bing.

“Warga Saudi sepakat dalam satu suara: Bing telah diboikot,” tulisnetizen di Arab Saudi melalui akun Twitter-nya, sebagaimana dikutip dariSputniknews, Selasa (30/8/2016).

Ketika mendengar banyak keluhan dan kicauan emosi dari para netizen, pihak Microsoft langsung berusaha memperbaiki sistem eror tersebut. Dilaporkan, akibat insiden ini pejabat Microsoft di Saudi meminta maaf kepada seluruh warga Saudi atas eror yang terjadi di aplikasi penerjemahnya itu.

Check Also

TKI Dieksekusi Mati, Jokowi Sangat Kecewa Terhadap Saudi

JAKARTA, Waspada.co.id – Presiden Joko Widodo sangat menyesalkan keputusan pemerintah Arab Saudi mengeksekusi mati Tenaga ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: