Home / Warta / Ekonomi dan Bisnis / BI Sebut Penurunan Harga BBM Penyumbang Deflasi
foto: Istimewa
foto: Istimewa

BI Sebut Penurunan Harga BBM Penyumbang Deflasi

JAKARTA, WOL – Sejalan dengan perkiraan Bank Indonesia, Indeks Harga Konsumen (IHK) pada April 2016 mencatat deflasi sebesar 0,45% (mtm). Deflasi IHK terutama disumbang oleh deflasi komponen barang yang diatur pemerintah (administered prices) dan komponen bahan makanan bergejolak (volatile foods).

Dengan perkembangan tersebut, inflasi IHK secara tahunan (yoy) mencapai 3,60% (yoy) serta berada dalam kisaran sasaran inflasi Bank Indonesia, yaitu sebesar 4%±1% (yoy).

Deputi Direktur Departemen Komunikasi BI, Andiwiana, dalam keterangan tertulisnya menyebutkan, kelompok administered prices (AP) secara bulanan (mtm) dan tahunan (yoy) mencatat deflasi masing-masing sebesar 1,70% (mtm) dan 0,84% (yoy).

Deflasi kelompok AP pada bulan April 2016 terutama didorong oleh penurunan harga BBM, tarif angkutan umum, dan tarif tenaga listrik (TTL).

Kelompok volatile foods (VF) secara bulanan mencatat deflasi sebesar 1,04% (mtm), atau secara tahunan mengalami inflasi sebesar 9,44% (yoy).

Deflasi kelompok VF terutama bersumber dari penurunan harga komoditas cabai merah dan beras, seiring dengan berlangsungnya panen raya. Selain itu, deflasi VF juga didorong oleh penurunan harga ikan segar, daging ayam ras, dan cabai rawit.

Sementara itu, inflasi inti masih relatif rendah dan tercatat sebesar 0,15% (mtm) atau 3,41% (yoy), terutama karena terjaganya ekspektasi inflasi dan masih terbatasnya permintaan domestik.

Inflasi di akhir 2016 diperkirakan akan berada pada kisaran sasarannya, yaitu 4%±1% (yoy). Koordinasi kebijakan Pemerintah dan Bank Indonesia dalam mengendalikan inflasi akan terus diperkuat. Dalam jangka pendek, penguatan koordinasi akan difokuskan pada upaya untuk mengendalikan tekanan inflasi menjelang bulan puasa dan lebaran.(hls/data2)

Check Also

Ilustrasi: (Foto: Okezone)

Mendag Heran Data Harga Sembako BI, BPS dan Kemendag Tak Sama

  JAKARTA – Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita mengungkapkan bahwa, di Indonesia yang melakukan pemantauan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.