Home / Warta / Ekonomi dan Bisnis / BI Imbau Masyarakat Lakukan Penukaran di Loket Resmi
WOL Ilustrasi

BI Imbau Masyarakat Lakukan Penukaran di Loket Resmi

MEDAN, Waspada.co.id – Bank Indonesia mengimbau kepada masyarakat untuk melakukan penukaran uang pecahan guna kebutuhan Lebaran di loket-loket resmi.

Imbauan ini bertujuan untuk  meminimalisir terjadinya kerugian yang mungkin bisa dialami masyarakat jika tidak menukar di loket-loket resmi yang sudah disediakan tersebut.

Kepala Kantor Bank Indonesia Perwakilan Sumut, Arief Budi Santoso, menerangkan agar kiranya para masyarakat bisa menukarkan di loket resmi yang sudah ditentukan. Karena jika di luar Bank Indonesia dan loket-loket yang sudah disediakan maka tidak bisa menjamin mulai dari jumlahnya hingga keaslian uangnya.

“Kita juga meminta masyarakat untuk waspada akan peredaran uang palsu yang marak terjadi saat ini,” tuturnya, Rabu (30/5).

“Uang palsu itu akan beredar memanfaatkan ketidaktahuan masyarakat akan keaslian uang rupiah. Oleh karena itu, Bank Indonesia selalu secara rutin menjelaskan tentang ciri khas dari uang rupiah,” tuturnya.

Selain mengedarkan uang baru atau uang pecahan kecil, Bank Indonesia akan menginformasikan keaslian uang rupiah saat penukaran kepada masyarakat.

“Intinya masyarakat tidak perlu panik karena memang stok kebutuhan uang pecahan kecil yang disediakan jumlahnya cukup banyak yaitu Rp4,1 triliun dan juga harus tetap waspada,” jelasnya.

“Bank Indonesia menyiapkan uang sebanyak Rp4,1 triliun untuk Lebaran. Sebanyak Rp300 miliar diantaranya adalah uang kecil, kemudian Rp3,8 triliun dalam bentuk uang besar yaitu pecahan Rp100ribu dan Rp50 ribu,” tutupnya.(wol/eko/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Sri Mulyani: Pelemahan Rupiah Positif untuk APBN

JAKARTA, Waspada.co.id – Pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS akan memberikan dampak positif pada ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: