Breaking News
Home / Warta / Indonesia Hari Ini / Besok, KPK Akan Dampingi Novel Baswedan Diperiksa Polri
(foto: Antara)
(foto: Antara)

Besok, KPK Akan Dampingi Novel Baswedan Diperiksa Polri

agregasi
agregasi

 

JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan melakukan pendampingan terhadap penyidik senior Novel Baswedan. Rencananya, Novel akan dilakukan pemeriksaan oleh pihak Kepolisian Republik Indonesia (Polri) esok hari, Senin, 14 Agustus 2017.

Dalam hal ini, Novel akan diperiksa dalam kapasitasnya sebagai korban terkait kasus teror penyiraman ‎air keras yang terjadi pada 11 April 2017, di kawasan rumahnya di Kelapa Gading, Jakarta Utara. Novel akan dikonfirmasi sejumlah hal terkait dengan kasusnya tersebut.

“Besok tim ‎KPK akan mendampingi Novel Baswedan terkait rencana pemeriksaan oleh tim penyidik Polri,” kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Minggu (13/8/2017).

Febri menjelaskan, pemeriksaan Novel pada esok hari dilakukan setelah KPK melakukan koordinasi dengan Polri. Pemeriksaan terhadap Novel Baswedan akan dilakukan di Kantor Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Singapura.

“Selain didampingi tim, besok akan ada pimpinan KPK yang juga akan ke Singapura,” jelas mantan aktivis Indonesian ‎Corruption Watch (ICW) tersebut.

‎Diketahui sebelumnya, pihak kepolisian akan melakukan pemeriksaan terhadap Novel Baswedan terkait sejumlah hal dalam kasus penyiraman air keras. Salah satu yang‎ akan dikonfirmasi pihak kepolisian ke Novel yakni soal adanya keterlibatan petinggi kepolisian dalam kasus teror tersebut.

KPK pun berharap jajaran kepolisian dapat mengungkap pelaku serta dalang penyiraman air keras yang menyebabkan kedua mata Novel Baswedan rusak setelah dilakukan pemeriksaan di KBRI Singapura esok hari.

Meskipun, sambung Febri, pemeriksaan terhadap Novel tersebut bukanlah prasyarat mutlak Korps Bhayangkara untuk mengungkap pelaku serta dalang penyiraman air keras. Pasalnya, Novel telah memberikan sejumlah informasi kepada pihak kepolisian.

“KPK minta agar pelaku penyerangan bisa diproses segera, dan kemudian aktor intelektual ditemukan. Apalagi beberapa waktu sebelumnya Presiden telah menunjukkan perhatian yang kuat untuk pengungkapan kasus ini,” tandas Febri.

Check Also

Novel Baswedan (Foto: Antara/Monalisa)

Desakan Penuntasan Kasus Novel Terus Bergulir

JAKARTA, WOL – Pengacara Novel Baswedan, Saor Siagiaan menilai besarnya kemungkinan pembentukan Tim Gabungan Pencari ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.