Breaking News
Home / Warta / Politik / Besok, Demokrat-Golkar-PKB Daftar ke KPU sebagai Peserta Pemilu 2019
Komisioner KPU Hasyim Asyari (Foto: Fadel Prayoga)
Komisioner KPU Hasyim Asyari (Foto: Fadel Prayoga)

Besok, Demokrat-Golkar-PKB Daftar ke KPU sebagai Peserta Pemilu 2019

agregasi
agregasi

 

JAKARTA – Tiga partai politik (parpol) akan mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) jelang dua hari berakhirnya masa pendaftaran partai pada Senin 16 Oktober 2017. Ketiga parpol itu adalah Partai Demokrat, Golkar, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

“Besok, rencana ada Demokrat, kemudian ada Golkar, ada PKB. PKPI itu Senin, partai yang peserta Pemilu 2014,” kata anggota KPU Hasyim Asyari di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (14/10/2017).

‎Hasyim mengungkapkan, setelah reformasi terdapat 73 parpol yang saat ini mendapat Surat Keputusan (SK) dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

Parpol yang ingin menjadi peserta Pemilu 2019 harus terlebih dahulu meminta akun di Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) ke KPU. Sejauh ini, kata Hasyim, baru 30 parpol yang melakukan hal tersebut.

“‎Jadi, begini urutnya itu tanya ada 73 partai yang terdaftar di Kemenkumham, dari 73 partai itu yang meminta akun, atau akses Sipol itu mengajukan 30 (partai). Nah, persoalan kemudian apakah mendaftar atau tidak kita serahkan pada partai politik itu,” jelasnya.

Ia menambahkan, KPU memastikan kesiapan dalam mengecek seluruh berkas-berkas pendaftran agar dapat menjadi peserta kontestasi Pemilu Serentak 2019.

“Kita tunggu, kalau mau daftar kita terima, dan kemudian kita teliti persiapan berkasnya kalau kesiapan, kita siap,” tukasnya.

Check Also

Istimewa

Habiburokhman: Presidential Treshold Lahirkan Kontrak Politik Bagi-bagi Kursi

JAKARTA, WOL – Presidential Threshold yang tertuang dalam Undang-undang Pemilu menuai pro dan kontra. Ketua ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.