Home / Warta / Teknologi / Bersaing Ketat, Ini 8 Daftar Smartphone Terbaik Sepanjang 2018
foto: istimewa

Bersaing Ketat, Ini 8 Daftar Smartphone Terbaik Sepanjang 2018

Waspada.co.id – Tahun 2018 sudah akan berakhir dan tahun ini diisi oleh deretan teknologi smartphone terbaru yang revolusioner. Deretan smartphone yang rilis tahun ini makin bertenaga, desainnya makin elegan, dan mengusung fitur cerdas yang fungsional.

Smartphone Android pun makin canggih dan tak hanya berkutat di merek Samsung saja. Tak cuma itu, smartphone memiliki daya saing kuat dengan iPhone yang selalu digadang-gadang jadi smartphone terbaik di tiap era.

Nah, berikut deretan smartphone terbaik 2018. Apakah favorit Anda masuk? Yuk simak bersama.

1. iPhone XS dan XS Max

Duo iPhone XS tak bisa dimungkiri adalah salah satu smartphone terbaik saat ini. Phone XS mengusung layar 5,8 inci dengan panel OLED Super Retina, sedangkan iPhone XS Max memiliki bentang layar yang lebih besar, yakni 6,5 inci. Ia juga dibalut dengan layar panel OLED Super Retina. Keduanya tetap mengadopsi desain layar edge-to-edge alias bezeless dengan notch yang sama dengan iPhone X.

iPhone XS dan XS Max dipersenjatai dengan prosesor terbaru Apple dalam chip 7 nanometer, yakni A12 Bionic dengan teknologi cerdas Neural Engine. Prosesor ini memiliki 6,9 miliar unit transistor, dengan CPU 6 inti.

Apple mengklaim performa A12 lebih kencang dibandingkan A11. Berkat A12, iPhone XS dan XS Max mampu memberikan kinerja terbaik bersamaan dengan fitur anyar iOS 12, seperti AR (Augmented Reality), Memoji, dan shortcut Siri.

Soal kamera, iPhone XS memiliki kinerja lebih baik dan cerdas berkat teknologi Neural Engine dari prosesor A12. Dua iPhone baru ini menghadirkan lensa wide-angle dengan resolusi 12MP dan flash True Tone yang lebih baik. Adapun lensa berikutnya adalah lensa telephoto dengan resolusi 12MP. Keduanya sama-sama dilengkapi fitur Optical Image Stabilization (OIS) dan sensor terbaru. Untuk kamera selfie, iPhone XS dan XS Max dilengkapi dengan sistem kamera True Depth dengan sensor beresolusi 7MP.

2. Huawei Mate 20 Pro

Banyak sekali pendapat yang menyebut bahwa Huawei Mate 20 Pro adalah smartphone terbaik yang pernah dibuat. Bagaimana tidak, ini adalah smartphone papan atas dengan tampilan mewah, sentuhan kaca dengan gradasi warna elegan, dan juga tiga buah kamera.

Namun kehebatan smartphone terbaru Huawei ini ternyata tak cuma di soal kecantikan saja. Ternyata dapur pacu dan fitur adalah aspek yang sangat diperhatikan. Bahkan, Huawei banyak menyematkan berbagai fitur yang merupakan “pertama” di industri smartphone. Seperti jadi smartphone pertama dengan Cat. 21 LTE, mengusung prosesor 7 nanometer pertama di smartphone Android, baterai di atas 4.000mAh di smartphone flagship, powerbank nirkabel, serta dual frequency GPS.

3. Samsung Galaxy Note 9

Lini smartphone terbaik dari Samsung tentu adalah Note, dan tahun ini Samsung Galaxy Note 9 berada di performa terbaik flagship Samsung. Bagaimana tidak, Galaxy Note 9 yang didukung oleh layar Super AMOLED berukuran 6,4inci yang besar dan indah. Tidak hanya itu, chip yang bersemayam di tubuh Note 9 adalah Snapdragon 845 yang kuat dan kamera mengesankan dengan taburan sihir AI di atasnya.

Terlebih lagi, deretan fitur menarik seperti S-Pen Bluetooth, dock-less DeX, sistem pendingin revolusioner, serta tentunya kamera yang performanya jadi salah satu yang terbaik yang tersemat di smartphone.

4. Iphone XR

iPhone XR mungkin merupakan versi murah dari kakaknya yang dirilis bersama yakni iPhone XS dan XS Max. Namun, secara fitur dan performa, tak terlalu ada perbedaan signifikan antara keduanya. Perbedaannya mungkin hanya layar yang resolusinya cukup rendah untuk tahun 2018, serta tidak adanya 3D Touch.

Selebihnya, iPhone XR punya rentang harga lebih murah 250 dollar ketimbang iPhone XS, dan angka ini belum dihitung jika dibandingkan iPhone XS Max.

Soal kamera, tak ada yang membedakan antara iPhone XS, XS Max, serta XR, kecuali XR tak memiliki dual kamera. Soal kamera utama dan depan, semua sama mulai dari bukaan, stabilisasi optikal, resolusi, software, Face ID, semua sama. Hal ini membuat dengan harga yang lebih terjangkau, iPhone XR memiliki salah satu kamera mobile terbaik di dunia saat ini.

Tak cuma kamera, prosesor ketiganya juga sama yakni A12 Bionic terbaru. Bahkan, XR lebih baik soal baterai ketimbang XS karena dalam uji coba yang dihelat Business Insider, iPhone XR bisa tahan dengan perkiraan 16,5 jam.

5. Pixel 3 Xl

Setiap tahunnya, Google merilis smartphone bertenaga yang berfokus pada sistem cerdas dan juga kamera yang baik. Hal ini tak terkecuali di 2018.

Soal kamera, fitur baru dari Pixel 3 yang bernama Top Shot, yang menggunakan kecerdasan buatan untuk menentukan momen terbaik untuk mengambil gambar. Beberapa fitur kamera berbasis AI lainnya adalah Night Sight yang digunakan untuk keadaan redup cahaya, serta Super Res Zoom yang dapat memperbesar gambar (zooming) tanpa kehilangan kualitas gambar. Selain itu juga terdapat dual kamera untuk selfie yang salah satunya mengusung lensa wide-angle.

6. Samsung Galaxy S9

Lini S dari Samsung Galaxy adalah lini flagship yang paling dielu-elukan dari Samsung, dan ini pun terjadi di Samsung S9. Samsung Galaxy S9 ini memiliki layar Super AMOLED berukuran 5,8inci dengan resolusi 1440 x 2960 piksel dan kerapatan pikselnya mencapai 568 ppi. Yang menarik adalah layarnya cukup luas dengan mendominasi 84,36 persen dari display depan.

Samsung S9 merupakan perangkat revolusioner di aspek kamera, pasalnya Samsung Galaxy S9 mengusung sensor 12MP di bagian belakang yang dilengkapi dengan dual aperture F1.5-F2.4 yang bisa berubah sesuai kondisi redupnya cahaya.

Soal dapur pacu, perangkat ini didukung oleh chipset terkuat saat ini dari Qualcomm, yakni Snapdragon 845, octa-core 2,8GHz dan grafik prosesor Adreno 630. Samsung Galaxy S9 memiliki RAM berkapasitas 4GB yang dipadukan dengan storage 256GB dan dapat diupgrade hingga 400GB.

7. Honor 10

Honor, salah satu anak perusahaan Huawei, tak disangka menelurkan smartphone hebat tahun ini yakni Honor 10. Honor 10 dibekali Kirin 970 yang merupakan prosesor asli Huawei yang dipadu RAM 6GB. Smartphone dengan layar 5,84 inci (2280 1080 piksel/rasio aspek 19:9) ini menjalankan EMUI 8.1 berbasis Android 8.1 dan didukung baterai 3.400mAh berteknologi fast charging.

Untuk fitur fotografi, Honor 10 dilengkapi kamera belakang ganda dengan konfigurasi 24MP + 16MP dan kamera selfie 24MP. Kamera belakang mendukung aperture f/1.8, phase detection autofocus, dan kecerdasan buatan.

Sementara kamera selfie yang ada di Honor 10 dipersenjatai aperture f/2.0. Tak ketinggalan, kamera depan smartphone ini juga memiliki fitur kecerdasan buatan AI Beauty dan potret AI.

Soal kecerdasan buatan di kamera yang jadi andalannya, kamera Honor 10 ini memiliki kemampuan untuk mengenali 500 skenario dalam 22 kategori pemandangan. Honor 10 juga sudah menyertakan fitur 3D portrait lightning untuk mendukung hasil foto apik berbekal pencahayaan yang diberikan. Sama seperti smartphone lain, Honor 10 dapat menghasilkan foto bokeh dengan kamera belakang, termasuk untuk fotografi kelompok.

8. OnePlus 6T

Suksesor dari OnePlus 6 yakni OnePlus 6T akhirnya telah resmi diumumkan akhir Oktober lalu, dan jadi salah satu smartphone terbaik 2018. Terdapat layar yang lebih baik, baterai lebih besar, serta desain yang jauh lebih elegan. Baiknya, harga tidak terlalu mengalami perubahan berarti.

Soal desain, OnePlus 6T mengusung desain seperti banyak flagship lain seperti layar minim bezel juga notch bertipe waterdrop. Soal notch, disebut kalau notch dari OnePlus 6T merupakan salah satu yang terkecil ukurannya di industri mobile. Ukuran bentang layarnya sebesar 6,41 inci dengan panel AMOLED yang berresolusi 2340×1080.

Soal dapur pacu, terdapat prosesor Snapdragon 845 yang dipadu dengan varian RAM 6GB atau 8GB. Terdapat juga tiga buah varian memori internal yakni 6GB/128GB, 8GB/128GB, serta 8GB/256GB.

Jerohan ini disokong oleh baterai berkapasitas 3700mAh, dengan fitur fast charging yang diklaim lebih cepat ketimbang OnePlus 6. Selain itu, fitur teranyar dari OnePlus 6T ini adalah fingerprint bawah layar. (merdeka/data2)

Check Also

“Tukar Tambah” Smartphone Lama Dengan Samsung A9, Ini Caranya

Waspada.co.id – Samsung baru saja menggebrak pasar dengan merilis secara resmi Galaxy A9, smartphone 4 ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: