Home / Warta / Politik / Berikut Penentuan Jumlah Alokasi Kursi Parlemen
foto: kompas

Berikut Penentuan Jumlah Alokasi Kursi Parlemen

JAKARTA, Waspada.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) menjelaskan pengaturan rancangan PKPU terkait penentuan jumlah alokasi kursi parpol peserta pemilu yang memenuhi syarat.

Komisioner KPU Ilham Saputra mengatakan, penentuan perolehan jumlah kursi calon anggota DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota untuk setiap parpol didasarkan atas hasil penghitungan seluruh suara sah masing-masing yang memenuhi ketentuan di dapil yang bersangkutan.

“Penentuan perolehan jumlah kursi, dilakukan dengan ketentuan antara lain menetapkan jumlah suara sah setiap parpol di setiap dapil dan membagi suara sah masing-masing dengan bilangan ganjil 1,3,5,7 dan seterusnya sampai dengan alokasi kursi terbagi habis,” ujarnya dalam acara Uji Publik Rancangan Peraturan KPU Terkait Pemilu 2019 di Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (15/8).

Ia menambahkan, bila hasil bagi suara sah parpol menghasilkan angka pecahan, maka angka pecahan tersebut tidak dihitung sebagai satu suara.

“Apabila pada pembagian untuk mendapatkan satu alokasi kursi terakhir, terdapat dua parpol yang memperoleh suara hasil bagi yang sama, maka satu alokasi kursi terakhir tersebut diberikan kepada parpol yang sebaran suaranya paling luas,” tandasnya.

Lebih jauh, Ilham menuturkan berdasarkan pengaturan rancangan PKPU menjelaskan sistem penetapan kursi parlemen di DPR hingga tingkat DPRD.

“Kursi partai politik untuk anggota DPR ditetapkan oleh KPU, perolehan kursi parpol untuk anggota DPRD provinsi ditetapkan oleh KPU Provinsi/KIP (Komisi Independen Pemilihan) Aceh dan perolehan kursi partai untuk anggota DPRD Kabupaten/Kota ditetapkan oleh KPU/KIP Kabupaten/Kota,” pungkasnya. (inilah/ags)

Check Also

PAN Tak Setuju Jika Surat Suara Caleg Eks Napi Koruptor Diberi Tanda

JAKARTA, Waspada.co.id – Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional atau PAN, Eddy Soeparno menilai, menandai calon ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: