_
Home / Warta / Indonesia Hari Ini / Beredar Foto Bus Canggih “Prabowo-Sandi Pilihan Ulama”, Ini Faktanya!
facebook

Beredar Foto Bus Canggih “Prabowo-Sandi Pilihan Ulama”, Ini Faktanya!

JAKARTA, Waspada.co.id – Beredar informasi di media sosial Facebook (FB) yang di dalamnya terdapat foto sebuah bus dengan gambar Capres Prabowo Subianto dan Cawapres Sandiaga Uno, serta sejumlah ulama.

Menurut klaim yang diberikan oleh pengunggah, bus tersebut sengaja dimodifikasi untuk memberikan dukungan terhadap pasangan Capres dan Cawapres nomor urut dua tersebut.

Selain membuat postingan bus bergambar Prabowo-Sandi beserta para ulama, si pengunggah juga menambahkan narasi: “Pak Prabowo dan Mas Sandi siap gass..menangkan Pulau Sumatera dengan bus 6×2 ini. InsyaAllah.”

Namun setelah dilakukan penelusuran lebih lanjut, apa yang terdapat dalam unggahan tersebut tidak benar adanya. “Hasil penelusuran yang kami lakukan, terdapat foto serupa baik dari bentuk bus, lokasi pengambilan foto maupun angle foto,”ujar Bentang Febrylian, member grup FB Forum Anti Fitnah, Hasut dan Hoax (FAFHH), Jumat (22/2).

Foto yang dimaksud adalah foto dimana unggahan tersebut dari segi waktu jauh lebih lama dibandingkan dengan foto bus bergambar Prabowo-Sandi. Dengan demikian, kata Bentang, maka dapat disimpulkan bahwa foto yang diunggah oleh akun Loket Putra pelangi merupakan foto asli.

Putra Pelangi Perkasa. SCANIA K410 iB.Karoseri Laksana

Dikirim oleh Loket Putra Pelangi Krueng Geukueh pada Selasa, 12 September 2017

Dimana foto tersebut pertama kali diunggah pada 12 September 2017. Namun didaur ulang kembali oleh oknum tidak bertanggung jawab dan muncul di media sosial sejak beberapa hari lalu.

“Jadi, informasi tentang foto bergambar Prabowo-Sandi itu kategorinya manipulated content atau konten yang dimanipulasi. Postingan foto palsu itu pun kini telah dihapus. Namun sudah berhasil kami tangkap layar,” tegasnya. (okz)

Check Also

Pengamat Sebut ‘Istana Pleciden Kertanegara’ Ulah Pengguna Google Maps

Waspada.co.id – Pengamat menyebut munculnya lokasi “Istana Pleciden Kertanegara” dan Istana “Presiden” Republik Kertanegara pada ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: