Home / Warta / Indonesia Hari Ini / Bercanda Bawa Bom Akan Dipidana
Karopenmas Div Humas Mabes Polri Brigjen M Iqbal. (Ist)

Bercanda Bawa Bom Akan Dipidana

JAKARTA, Waspada.co.id – Polri menegaskan orang yang bercanda membawa bom di dalam keramaian, salah satunya di pesawat akan dipidana. Alasannya, karena bercanda hal seperti itu membuat orang ketakutan.

“Berentilah sampai disini karena ini bukan bercanda tapi masuk dalam menakuti-nakuti. Bisa aja ada korban jiwa,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Mohammad Iqbal di Mabes Polri, Kamis (31/5).

“Jadi imbauan jangan sekali-kali menyampaikan berita bohong apalagi terkait bom apalagi diatas pesawat. Itu hal emergency,” sambung dia.

Iqbal menambahkan polisi akan menindak orang-orang yang bercanda soal bom di dalam pesawat atau dikeramaian. Meski tindakan tegas itu nantinya akan dilimpahkan ke Kemenhub yang mempunyai wewenang.

“Kita kepolisian tegas melakukan proses hukum walaupun dalam kasus ini, kita melimpahkan (ke Kemenhub) tetapi ini lah kepolisian akan tegas. Karena ini bisa menjadi deteren effect yang positif bagi semua calon yang berbohong dan bercanda,” jelas Iqbal.

Sebelumnya Frantinus Nirigi (26) jadi tersangka dan ditahan karena bercanda membawa bom dalam pesawat bercanda Lion Air JT 687 rute Pontianak-Cengkareng pada Senin (28/5) di Bandara Supadio, Pontianak, Kalimantan Barat. Frantinus melontarkan candaan soal bom, dipicu oleh sikap pramugari Lion Air.

Frantinus kesal karena pramugari Lion Air tersebut dinilai tidak hati-hati memasukkan salah satu tasnya yang berisi 3 unit laptop ke bagasi kabin. Saat itu bagasi kabin memang sudah dalam kondisi penuh. Apalagi dia penumpang terakhir yang masuk pesawat.

Kasus candaan Frantinus ini mengakibatkan kerugian di pihak Bandara Supadio dan Lion Air serta penumpang. Sejumlah penumpang terluka saat keluar dari emergency exit window menuju sayap, kemudian loncat karena panik. (inilah/ags/data1)

Check Also

Universitas Riau Digeledah Densus 88, Katanya Terkait Teroris

  PEKANBARU – Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 melakukan penggeledahan di Universitas Riau (Unri), Sabtu ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: