Home / Warta / Politik / Belum Ada Parpol Yang Daftarkan Calegnya ke KPU
foto: sindo

Belum Ada Parpol Yang Daftarkan Calegnya ke KPU

JAKARTA, Waspada.co.id – Komisioner KPU RI Wahyu Setiawan mengatakan hingga hari ini belum ada satu pun partai politik yang mendaftarkan bakal calon legislatif mereka. Hal itu disampaikannya usai sidang di Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), Gedung Bawaslu.

“Jadi sampai dengan tadi siang sebelum kita laporkan kepada presiden belum ada parpol yang mendaftarkan bakal calon anggota DPR RI,” kata Wahyu kepada pewarta, Rabu (11/7).

Dia mengimbau setiap parpol untuk memanfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk mendaftarkan calon mereka. Wahyu menampik bahwa PKPU yang kini tidak memperbolehkan mantan narapidana korupsi ikut mendaftar caleg menjadi salah satu kesulitan bakal caleg untuk mendaftar.

“Menurut saya enggak ya karena parpol kan pasti juga punya komitmen bersama untuk mencalonkan kader-kader terbaiknya yang punya rekam jejak yang baik. Kita percaya semua parpol pada saatnya akan mencalonkan calon-calon anggota DPR RI yang rekam jejaknya baik,” lanjutnya.

Ketua KPU Arief Budiman mengatakan pendaftaran caleg dibuka sejak 4 Juli lalu hingga 17 Juli mendatang. KPU mengimbau agar parpol tidak mendaftarkan pada hari-hari menjelang berakhirnya masa pendaftaran.

Namun, lanjutnya, KPU telah menerima input data 16 parpol ke dalam Sistem Informasi Pencalonan (Silon). Input data itu telah dibuka sejak 4 Juni atau 30 hari sebelum masa pengajuan bakal caleg.

Hingga hari ini, lanjutnya, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) merupakan partai politik terbanyak yang memasukkan data daftar bakal calegnya ke Silon dengan 458 jumlah calon untuk 79 daerah pemilihan (dapil).

Sedangkan di urutan kedua, Arief mengatakan PDIP telah memasukkan data bakal calegnya ke Silon dengan 408 jumlah calon untuk 80 dapil. (cnnindonesia/ags/data1)

Check Also

20 September, Penetapan Pasangan Capres-Cawapres

JAKARTA, Waspada.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan proses pendaftaran pasangan calon presiden dan wakil ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: