Home / Warta / Mancanegara / Beli Rudal Rusia, Amerika Peringatkan Turki
Menhan AS Jim Mattis ketika bertemu Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan di Ankara, Turki 23 Agustus tahun lalu (foto dok. Reuters).

Beli Rudal Rusia, Amerika Peringatkan Turki

WASHINGTON, Waspada.co.id – Menteri Pertahanan Amerika, Jim Mattis hari Selasa (28/8) mengatakan, Amerika prihatin, Turki membeli sistem pertahanan rudal Rusia yang tidak bisa diintegrasikan ke dalam NATO.

Amerika telah memperingatkan, Turki akan dikenakan sanksi dan bahwa pembelian jet tempur Lockheed Martin akan dibatalkan jika Turki tidak membatalkan rencana membeli sistem pertahanan rudal tersebut.

“Jelas, Turki membawa sistem anti-pesawat, anti-rudal Rusia ke negara NATO – kami tidak bisa mengintegrasikannya ke dalam NATO. Ya, itu mengkhawatirkan dan kami tidak merekomendasi itu,” ujar Mattis kepada wartawan.​

baca: Hubungan Turki dan AS Retak, Rusia Percepat Kirim Rudal

Sebelumnya Pemerintah Rusia mengagendakan untuk mempercepat pengiriman rudal S-400 ke Turki pada 2019. Pengiriman hulu ledak itu dilakukan lebih awal daripada yang telah direncanakan sebelumnya. Hal itu dilakukan menyusul retaknya hubungan Turki dengan AS dan Pakta Aliasi Atlantik Utara (NATO).

Rosoboronexport merupakan manufaktur senjata milik Rusia yang memproduksi hulu ledak tersebut. Dalam kontrak sebelumnya, pengiriman rudal S-400 akan mulai dilakukan pada 2020 mendatang.

Transaksi pembelian senjata militer itu tidak menggunakan dolar Amerika Serikat (AS), melainkan dengan mata uang lokal, senilai 2,5 miliar dolar AS.

Belanja itu membuat Turki menjadi negara NATO pertama yang memiliki rudal canggih buatan Rusia. S-400 memiliki sistem yang tidak memiliki kecocokkan dengan sistem NATO. Rudal itu disebut-sebut mampu membidik target di udara dalam kisaran 400 kilometer. (wol/voa)

Check Also

Jerman Akan Deportasi Wartawan Turki Pengkritik Erdogan

BERLIN, Waspada.co.id – Otoritas Jerman disebut berencana mendeportasi seorang wartawan Turki pengkritik Presiden Recep Tayyip ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: