Home / Warta / Ekonomi dan Bisnis / BEKRAF Ajak UMKM di Medan Gabung BISMA
WOL Photo

BEKRAF Ajak UMKM di Medan Gabung BISMA

MEDAN, Waspada.co.id – Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) mengajak para pelaku usaha UMKM untuk gabung ke BISMA.

BISMA merupakan BEKRAF Information System in Mobile Application, platform unggulan yang dipetuntukan untuk para pelaku usaha mendaftarkan diri ke database resmi BEKRAF.

Melalui event BISMA Goes to Get Member (BIGGER) yang berlangsung di Medan, para pelaku ekonomi kreatif di Sumatera Utara harus mendaftarkan diri dan bergabung dengan 19 ribu pelaku usaha lainnya yang sudah terdaftar di database BISMA.

Wakil Kepala BEKRAF, Ricky Joseph Pesik, mengatakan kegiatan ini mendukung komunikasi dua arah antara pelaku ekonomi kreatif dari 16 subsektor dengan BEKRAF untuk memudahkan pemerintah menangkap masalah, memonitoring perkembangan usaha serta menerima saran seputar ekonomi kreatif .

“Upaya ini untuk menghasilkan pemetaan akurata yang dapat membantu penyusunan kebijakan ekonomi kreatif dan menciptakan ekosistem yang kondusif. Selain itu, para pelaku ekonomi kreatif yang terdaftar di BISMA akan lebih mudah mendapatkan kesempatan untuk difasilitasi ataupun mendapatkan dukungan oleh BEKRAF dalam mengembangkan usaha kreatif mereka,” tuturnya di sela-sela mengisi materi kepada 300 pelaku ekonomi kreatif di Grand Mercure Medan Angkasa, Kamis (6/9).

Dari hasil survey khusus ekonomi kreatif BPS dan BEKRAF, tahun 2016 produk domestik burto (PDB) ekonomi kreatif tercatat 922,59 triliun rupiah. Angka ini meningkat 4,95 persen dari tahun sebelumnya.

“Jumlah unit usaha ekonomi kreatif berdasarkan hasil sensus ekonomi 2016, untuk ekonomi kreatif sebanyak 8.203.826 usaha,” ucapnya.

Sehingga kegiatan BIGGER ini dijadikan sebagai ajang jejaring bagi para stakeholder ekonomi kreatif, karena berdasarkan data di Kota Medan ada 81.162 pelaku ekonomi kreatif yang subsektor terbesarnya bergerak di bidang kuliner sebanyak 60.487.

“Sementara untuk fesyen 12.433 usaha, kriya 5.479, penerbitan 1.334, musik 604 usaha kreatif. Tentu ini menjadi potensi untuk perkembangan ekonomi kreatif bagi BEKRAF dalam memfasilitasi dan berkolaborasi dengan pelaku kreatif,” pungkasnya.(wol/eko/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Di Bali, Foto Selfie Bareng Jokowi Lebih Laku Ketimbang Sepeda

  JAKARTA – Sudah menjadi rahasia umum bahwa setiap orang yang datang dalam acara yang ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: