Home / Warta / Indonesia Hari Ini / Bayar Rp200-500 Juta, Napi di Sukamiskin Dapat Fasilitas Mewah
foto: bbc

Bayar Rp200-500 Juta, Napi di Sukamiskin Dapat Fasilitas Mewah

JAKARTA, Waspada.co.id – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyebut biaya mendapat fasilitas tambahan di Lapas Sukamiskin, Bandung, berkisar Rp200-500 juta.

“Rp 200-500 juta bukan per bulan. Untuk mendapat ruangan, di sana ada juga narapidana umum dan seharusnya fasilitas sama. Tapi, ada perbedaan,” kata Wakil Ketua KPK, Laode M Syarif, dalam jumpa pers di Gedung KPK, Jakarta, Sabtu (21/7) malam.

Sebelumnya, KPK menemukan ada sejumlah sel di Lapas Sukamiskin yang dilengkapi fasilitas mewah saat operasi tangkap tangan (OTT) dan penggeledahan. Fasilitas itu meliputi AC, kulkas, hingga televisi. Namun, Syarif sendiri belum tahu secara pasti jumlah sel dengan fasilitas mewah tersebut.

Penemuan KPK ini, menurut Laode, seperti membuktikan rumor yang terjadi selama ini bahwa di lapas banyak terjadi penyalahgunaan kewenangan dan kegiatan suap.

“Jadi, betul-betul seperti ada bisnis dalam penjara,” ujar Syarif.

Dalam OTT di Sukamiskin pada Sabtu (21/7), KPK mengamankan enam orang, termasuk Wahid Husen yang juga Kepala Lapas Sukamiskin. Wahid diduga menerima suap berupa mobil hingga uang dari napi korupsi Fahmi Darmawansyah.

Suap itu diberikan Fahmi agar mendapat fasilitas mewah di selnya sekaligus agar dimudahkan jika ingin meninggalkan lapas. KPK menyita dua unit mobil berupa Mitsubishi Triton Exceed warna hitam dan Mitsubishi Pajero Sport Dakkar warna hitam. Ada juga uang total Rp279.920.000 dan 1.410 dolar AS. (wol/aa/kcm/data2)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Lancarkan MTQN 2018, PLN Apel Siaga Pasokan Listrik

MEDAN, Waspada.co.id – Mengoptimalkan kesiapan kelistrikan sepanjang pelaksanaan MTQ Nasional XXVII Tahun 2018 yang akan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: