Home / Warta / Politik / Bawaslu Bekasi Temukan 20.659 Pemilih Ganda
Ilustrasi (Foto: Ist)

Bawaslu Bekasi Temukan 20.659 Pemilih Ganda

agregasi
agregasi

 

BEKASI – Sebanyak 20.659 data pemilih ganda ditemukan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Bekasi, Jawa Barat, jelang perhelatan Pileg dan Pilpres 2019. Jumlah pemilih ganda tersebut tersebar di seluruh kecamatan di Kota Bekasi.

“Data ganda ditemukan oleh Bawaslu Kota Bekasi dengan total 20.659, pada saat pencermatan yang dilakukan oleh Bawaslu hasil data Daftar Pemilih Tetap (DPT),” kata Ketua Bawaslu Kota Bekasi, Tomy Suswanto, kepada Okezone, Rabu (12/9/2018).

Menurutnya, penemuan pemilih ganda oleh Bawaslu, terungkap saat proses pemutakhiran data pemilih yang dilakukan pihaknya.

“Proses Daftar Pemilih Sementara (DPS) diambil dari DPT Pilkada. Selanjutnya dari DPS menuju Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP), ada data pemilih yang belum masuk kurang lebih 65 ribu, sehingga dimasukkan oleh KPU Kota Bekasi. Nah, pada saat proses inilah data ganda masuk ke dalam DPT,” paparnya.

Ilustrasi

Dengan adanya penemuan tersebut, Bawaslu melakukan koordinasi dengan KPU Kota Bekasi untuk meminimalisir hal serupa terulang kembali.

“Bawaslu merekomendasikan kepada KPU Kota Bekasi agar meninjau Berita Acara (BA) DPT sebelumnya. Dan data yang diberikan oleh Bawaslu yang berkaitan dengan pemilih ganda, agar dicermati kembali,” ujarnya.

Sementara itu, Koordinator Divisi Pengawasan, Ali Mahyail mengatakan, terkait dengan penemuan 20.000 lebih pemilih ganda, pihaknya akan berkoordinasi dengan Bawaslu agar segera dilakukan verifikasi faktual.

“Kita akan rekomendasikan ke Bawaslu untuk secepatnya melakukan verifikasi faktual untuk perbaikan,” ujarnya.

Check Also

Ma’ruf Amin: Jokowi Itu Ternyata Santri dari Situbondo

  LEBAK – Kiai Ma’ruf Amin mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sangat mencintai kiai dan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: