Home / Warta / Politik / Bawaslu Akan Bahas Pelaporan Soal Menteri Luhut & Sri Mulyani
Foto: Okezone

Bawaslu Akan Bahas Pelaporan Soal Menteri Luhut & Sri Mulyani

JAKARTA – Siang ini, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI akan membahas laporan seorang warga, Dahlan Pido terhadap Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Padjaitan dan Menteri Keuangan Sri Mulyani.

“Nanti siang kita akan bahas di Gakumdu,” kata Komisioner Bawaslu, Muhammad Afifuddin kepada Okezone, Jumat (19/10/2018).

Untuk diketahui, Luhut dan Sri Mulyani dilaporkan Dahlan Pido lantaran dituding dua menteri Jokowi itu telah melakukan kampanye secara terselubung pada saat upacara penutupan Pertemuan Tahunan IMF – Bank Dunia 2018, di Nusa Dua Bali, Minggu kemarin.

luhut

“Kami datang untuk melaporkan kejadian waktu hari Minggu. Kejadian tersebut ada dugaan pelanggaran pejabat negara, Luhut dan Sri Mulyani berkampanye. Karena menyebutkan identitas paslon Jokowi nomor 01,” kata Dahlan.

Sementara itu, kuasa hukum Dahlan Pido, Taufiqurrahman menilai menunjukan simbol satu atau dua jari bahkan memberikan penjelasan secara detail seperti identitas nomor urut calon presiden-wakil presiden. merupakan praktek kampanye.

Dengan demikian, Luhut dan Sri telah melanggar Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu, pasal 282, 283 ayat 1 dan 2, serta pasal 457 dengan ancaman pidana tiga tahun penjara serta denda Rp36 juta.

sri

“Apakah ini masuk pelanggaran pemilu atau tidak ini kewenangan Bawaslu, dalam masa kampanye pemilu sejatinya dilaksanakan dengan baik sehingga dapat pendidikan politik yang baik, kami meduga Luhut dan Sri memberikan pembelajaran politik yang salah,” tutupnya.

Untuk diketahui. Luhut dan Sri Mulyani sempat mengoreksi jari Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Christine Lagarde dan Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim yang mengacungkan dua jari pada saat sesi foto bersama. Mendengarkan penjelasan Luhut, Christine dan Jim kemudian menunjuk satu jari.

“Two is for prabowo, one is for Jokowi” ucap Sri Mulyani

Check Also

Sandiaga Dengar Keluhan Pedagang Ikan di Aceh

BANDA ACEH, Waspada.co.id – Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno melanjutkan kampanyenya di Banda Aceh ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: