_
Home / Warta / Mancanegara / Batal ke Moskow, Menlu AS Terbang ke Brussels Bahas Ancaman Nuklir Iran
Menlu AS, Mike Pompeo, akan memangkas waktu kunjungan ke Rusia dengan membatalkan lawatan Moskow agar sempat bertandang ke Brussels untuk membahas ancaman Iran. (Drew Angerer/Getty Images/AFP)

Batal ke Moskow, Menlu AS Terbang ke Brussels Bahas Ancaman Nuklir Iran

BRUSSEL, Waspada.co.id – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Mike Pompeo, akan memangkas waktu kunjungan ke Rusia dengan membatalkan lawatan di Moskow agar sempat bertandang ke Brussels untuk membahas ancaman Iran.

Seorang pejabat Kementerian Luar Negeri AS mengonfirmasi bahwa Pompeo akan berangkat dari Pangkalan udara Andrews pada Senin (13/5) menuju Brussels. Namun, ia tak menjabarkan agenda Pompeo di Iran.

Berdasarkan jadwal Uni Eropa, Dewan Hubungan Luar Negeri akan membahas masalah ancaman Iran dalam rapat pada Senin ini. Rapat tersebut dijadwalkan dihadiri oleh pejabat dari Prancis, Inggris, dan Jerman.

Agenda besar dalam rapat tersebut adalah ultimatum Iran yang mengancam bakal melakukan pengayaan uranium kembali jika para pihak penandatangan kesepakatan nuklir pada 2015 lalu tidak melindungi negaranya dari dera sanksi AS.

Melalui pidato di stasiun televisi nasional, Presiden Iran, Hassan Rouhani, melontarkan langsung ancaman tersebut kepada negara-negara yang menandatangani kesepakatan nuklir JCPOA, yakni Inggris, Prancis, Jerman, China, dan Rusia.

Perjanjian yang diteken pada 2015 lalu itu menyepakati bahwa negara Barat akan mencabut serangkaian sanksi terhadap Teheran.

Sebagai balasan, Iran harus menyetop segala bentuk pengembangan senjata rudal dan nuklirnya, termasuk pengayaan uranium.

Namun, AS menarik diri secara sepihak dari perjanjian nuklir itu pada Mei 2018 lalu dan kembali menerapkan sanksi atas Iran.

Rusia menganggap ancaman Iran ini sebagai kegagalan diplomasi AS di era Presiden Donald Trump. Pompeo pun dijadwalkan untuk bertemu dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin, guna membahas isu ini.

Karena kunjungan Pompeo ke Moskow dibatalkan, Menlu AS tersebut diagendakan bertemu dengan Putin di Sochi. (cnn/data2)

Check Also

Trump Minta PM Australia Bantu Diskreditkan Penyelidikan soal Keterlibatan Rusia di Pemilu AS

WASHINGTON, Waspada.co.id – Presiden Donald Trump dilaporkan meminta bantuan Perdana Menteri Australia, Scott Morrison, untuk ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.