Newsticker
WOL / Warta / Mancanegara / Bangun untuk Sahur, Muslim Selamatkan Banyak Nyawa pada Kebakaran Apartemen di London
Muslim yang berada di lokasi kebakaran apartemen Grenfell Tower (Foto: The New Arab)
Muslim yang berada di lokasi kebakaran apartemen Grenfell Tower (Foto: The New Arab)

Bangun untuk Sahur, Muslim Selamatkan Banyak Nyawa pada Kebakaran Apartemen di London

agregasi
agregasi

 

LONDON – Warga Muslim yang bangun untuk sahur merupakan orang-orang pertama yang melihat titik api pada kebakaran apartemen di London, Inggris. Melihat si jagor merah, mereka langsung memperingatkan banyak warga di apartemen Grenfell Tower.

Setidaknya enam orang kehilangan nyawanya akibat kebakaran tersebut dengan lebih 70 lainnya terluka. Namun karena tindakan sigap dari warga Muslim di sana disinyalir telah membantu menekan jumlah korban tewas.

Belasan mobil dan 200 anggota pemadam kebakaran demi menjinakkan api yang membakar gedung berlantai 24 itu. Sebagaimana dikutip dari The New Arab, Kamis (15/6/2017) para korban menjelaskan alarm kebakaran di apartemen itu tampaknya tidak bekerja dengan baik dan mereka malah diperingati adanya api oleh tetangga Muslim yang akan santap sahur.

Salah satu saksi mata menjelaskan bahwa para warga tidak tahu apa yang terjadi hingga para tetangga mulai menggedor pintu mereka dengan keras. Saksi mata lainnya, Rashida mengatakan kepada Sky News bahwa kebanyakan Muslim yang menjalani puasa Ramadan tidak akan pergi tidur hingga pukul 02.00 karena itu mereka menyadari adanya titik api.

“Warga Muslim memainkan peranan besar dalam membantu orang-orang keluar. Kebanyakan orang yang saya lihat adalah Muslim. Mereka menyediakan makanan dan pakaian,” ujar korban selamat kebakaran di Grenfell Tower, Andre Barroso.

Tidak hanya itu, para pengurus masjid setempat juga membantu para korban kebakaran tersebut. Masjid Al-Manaar dilaporkan memberikan tempat penampungan sementara untuk para warga yang kehilangan rumahnya akibat insiden itu.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.