Home / Warta / Politik / Bang Ara, Kang Emil, Yenny Wahid dan Nurdin Abdulah Kompak Bela Pancasila
(Istimewa)

Bang Ara, Kang Emil, Yenny Wahid dan Nurdin Abdulah Kompak Bela Pancasila

JAKARTA, WOL – Ketua Umum Taruna Merah Putih (TMP), Maruarar Sirait, mengatakan bahwa sebagai ideologi negara yang hidup, Pancasila harus terus menerus dikampanyekan. Pancasila pun harus disosialiasikan kepada kader-kader bangsa, para pemuda dan pemudi yang merupakan para pemimpin di masa mendatang.

Demikian disampaikan Ketua Umum Taruna Merah Putih (TMP), Maruarar Sirait, saat melepas sekitar 10 ribu peserta Kirab Kebangsaan di halte Velodrome, Jalan Pemuda, Jakarta Timur, Minggu (9/4).

Maruarar yakin dan bisa memastikan bahwa mayoritas rakyat Indonesia adalah pendukung utama Pancasila. Namun selama ini lebih banyak di antara mereka yang memilih diam di tengah kondisi yang terlihat ada gejala mengancam ideologi bangsa ini.

Ia juga menegaskan bahwa kegiatan yang dihadiri oleh Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, Bupati Bantaeng, Nurdin Abdullah dan tokoh perempuan Nahdlatul Ulama (NU), Yenny Wahid ini sama sekali bukan untuk kampanye apa-apa, apalagi kampanye Pilkada. Ini merupakan gerakan murni untuk mengkampanyekan Pancasila.

“Banyak di antara kita yang silent majority. ‎Maka kegiatan ini bagian dari Parade Kebangsaan dalam mengampanyelkan Pancasila agar terus tumbuh dan hidup serta diamalkan di tengah-tengah masyarakat dalam kehidupan sehari-sehari. Di tengah gerakan radikalisme yang tumbuh di anak-anak remaja kita harus jadi pendukung utama Pancasila yang radikal dan mlitan,” ungkap Maruarar.

Acara kirab kebangsaan dengan tema “Bersatu Kita Teguh dalam Kebhinnekaan” ini ‎digelar oleh TMP. Kirab kebangsaan yang sama sudah dilaksanakan di berbagai kota/kabupaten seperti Bogor, Bandung, Subang, Karawang dan Semarang.

Meski TMP merupakan organisasi sayap PDI Perjuangan, Maruarar juga menegaskan bahwa acara kirab kebangsaan ini melibatkan semua elemen bangsa dari ragam suku, agam dan identitas politik. Di Bogor misalnya, bekerjasama dengan Wali Kota Bima Arya yang merupakan politikus PAN dan di Karawang bekerjasama dengan Cellica yang merupakan politikus Demokrat.

“Demi Pancasila kita harus bersatu padu semuanya. Kita harus berada kelompok die hard demi Pancasila,” ungkap Maruarar, dalam acara yang juga dihadiri oleh Ketua Satkornas Banser, Alfa Isnaeni, serta perwakilan dari AMPI dan Garda Nasdem ini.

Ridwan mengungkapkan kehadiranya pada acara kirab kebangsaan yang digelar oleh DPP Tarunana Merah Putih ingin menunjukan pembelaannya terhadap pancasila. Sebagai anak bangsa harus menjadi garda terdepan dan berdiri kokoh seperti batu karang membala pancasila. “Saya akan selalu hadir di mana rasa  kepancasilaan sedang dibela. Acara kirab kebangsaan TMP ini mewakili semangat membela Pancasila,” katanya.

Nurdin Abdulah pun mengapresiasi kegiatan Kirab Kebangsaan yang digelar oleh TMP. Menurutnya dengan digelarnya acara kirab kebangsaan ini akan mempersatukan bangsa ini. “Melalui kirab TMP ini mampu membuktikan persatuan kesatuan kita. Khususnya anak muda,” katanya.

Yeni Wahid juga mengapresiasi digelarnya kegiatan kirab kebangsaan yang rutin digelar oleh TMP di bawah kepemimpinan Maruarar Sirait ini. Menurutnya kirab kebangsaan ini merupakan upaya untuk membumikan pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Perlu adanya upaya yang dilakukan secara sistematis untuk menguatkan kembali nilai Pancasila di dalam kehidupan bangsa kita. Dan membuatnya lebih relevan lagi terutama bagi kalangan anak muda,” katanya.

Acara ini juga disertai dengan parade kebudayaan dan kesenian dari berbagai daerah di Indonesia‎. Selain marching band dari beberapa sekolah di Jakarta juga ada marawis, tanjidor, sisingaan, barongsai, rebana, ondel-ondel, Pencak silat, juga tarian dari kalimantan. Acara juga dimeriahkan dengan ragam kuliner nusantara. (wol/mrz)

Editor: Agus Utama

Check Also

Makna HUT RI: Bangun Indonesia Dengan Semangat Gotong Royong

MEDAN, Waspada.co.id – Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Medan, Hasyim SE, mengajak seluruh elemen masyarakat, ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: