Home / Warta / Politik / Bacaleg Golkar Gugat UU Pemilu di MK
Mahkamah Konstitusi (Foto: Ilustrasi)

Bacaleg Golkar Gugat UU Pemilu di MK

agregasi
agregasi

 

JAKARTA – Bakal caleg (bacaleg) Anggota DPR di daerah pemilihan Sumatera Barat II melalui Partai Golkar, Dorel Amir, mengajukan permohonan uji UU 7/2017 tentang Pemilu (UU Pemilu) di Mahkamah Konstitusi (MK).

“Pemohon merasa dirugikan dengan diberlakukannya Pasal 240 ayat (1) huruf n UU Pemilu terkait tidak adanya pengaturan mengenai batasan waktu keanggotaan bagi anggota partai politik untuk menjadi bacaleg,” ujar Dorel tanpa didampingi kuasa hukum di Gedung MK Jakarta, Kamis (6/9/2018).

Pemohon mengatakan bahwa sepengetahuan dia, Partai Golkar belum membuka keanggotaan baru. Namun, pemohon merasa banyak bacaleg yang bukan merupakan kader Golkar tetapi didaftar sebagai bacaleg.

Pemohon menduga bahwa caleg ini direkrut sebagai bacaleg karena memiliki modal lain selain kualitas dan pemahaman pendidikan politik.

Dalam dalilnya pemohon menyebutkan, sebelum UU a quo diundangkan, dalam RUU Pemilu tadinya akan diatur persyaratan bakal calon legislatif pada Pemilu Tahun 2019.

“Syaratnya menyebutkan sekurang- kurangnya telah menjadi anggota partai minimal satu tahun agar bakal calon legislatif tersebut telah mendapatkan pendidikan politik dari partai politiknya dan telah mengetahui secara aktual tugas-tugas pokoknya,” tutur Dorel.

Dia menambahkan, persyaratan tersebut masih cukup relevan untuk diterapkan bagi parpol baru. “Karena sesungguhnya pendirian partai politik tidak dilakukan secara tiba-tiba dan tergesa-gesa,” urainya.

Lebih lanjut Dorel berpendapat dengan diterapkannya persyaratan tersebut, maka posisi partai politik peserta pemilu memberikan peran yang sangat strategis dalam menentukan kualitas dan kelayakan bakal calon wakil rakyat yang ada di daerah maupun pusat.

“Persyaratan ini merupakan kebutuhan bagi masyarakat untuk mendapatkan pilihan calon wakil rakyat yang berkualitas dalam memperjuangkan dan membela kepentingan masyarakat, bangsa, dan negara,” tukas Dorel.

Check Also

Timses Jokowi-Ma’ruf Sambangi Bawaslu Konsultasi Aturan Kampanye Pilpres 2019

  JAKARTA – Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf mendatangi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI guna ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: