Home / Warta / Politik / Ba’asyir Pilih Tak Mau Bebas Jika Pakai Syarat atau Tahanan Rumah
foto: Tribunnews

Ba’asyir Pilih Tak Mau Bebas Jika Pakai Syarat atau Tahanan Rumah

JAKARTA, Waspada.co.id – Pengacara terpidana kasus terorisme Abu Bakar Ba’asyir Mahendratta mengatakan kliennya sempat menolak dibebaskan jika tetap diberi syarat tertentu. Ba’asyir, kata dia, merasa rumit jika masih harus bebas dengan syarat.

“Ustaz masih tanya, kalau saya masih dengan syarat-syarat enggak usahlah. Kalau tahanan rumah jadi repot karena harus ada penjaga dan sebagainya,” kata Mahendra di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (23/1).

Mahendra mengungkapkan awal isu pembebasan Ba’asyir adalah usul dari Yusril Ihza Mahendra. Kata dia, Yusril telah berhasil meyakinkan presiden dan menyetujui bebas bersyarat. “Dari Yusril. Katanya. Tetapi bahasanya begini dia telah meyakinkan presiden dan sebagainya, pokoknya presiden sudah setujulah pembebasan bersyarat,” ungkapnya.

Dia mengatakan pihaknya sempat melakukan lobi-lobi untuk memilih syarat mana atau aturan mana yang akan dipakai untuk membebaskan Ba’asyir. Namun, tiba-tiba ada pengumuman Ba’asyir akan dibebaskan oleh Presiden tanpa syarat.

“Waktu acara di Garut berarti presiden yang bicara bahwa ustaz akan dibebaskan tanpa syarat,” ujarnya.

“Kemudian, ustaz memang karena enggak pernah minta, kami pun belum sampaikan hasil katakanlah hasil perdebatan kami dengan pihak pemerintah lapas mengenai aturan mana yang akan kita pakai,” ucapnya.

Meski begitu, Mahendra mengatakan pihaknya berterima kasih dengan wacana pembebasan kala itu. Dia berharap masalah pembebasan ini tidak dipolitisir di tahun politik. “Walau kami perbandingkan macam-macam. Kami minta agar peristiwa ini tak dipolitisir walau memang suasana dalam rangka tahun politik,” tandasnya. (merdeka/ags/data2)

Check Also

Ini Kata Kalapas Gunung Sindur soal Pembebasan Abu Bakar Ba’asyir

  BOGOR– Kepala Lapas Gunung Sindur Sopiana mengatakan, masih menunggu konfirmasi pimpinan terkait pembebasan terpidana ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: