Home / Warta / Ekonomi dan Bisnis / Awal Tahun, Harga Sawit Merangkak Naik
Istimewa

Awal Tahun, Harga Sawit Merangkak Naik

MEDAN, Waspada.co.id – Awal Tahun 2019, harga komoditas khususnya sawit Di Sumatera Utara mengalami kenaikan yang sangat tajam.

Kenaikan harga komoditas tersebut tentu membawa angin segar bagi para petani.

Harga CPO meroket di kisaran 2.198 ringgit per ton atau mengalami kenaikan sebesar 1 persen lebih dibandingkan tahun sebelumnya.

“Harga sawit berfluktuasi terus menerus karena ini merupakan tren. Umumnya, jika dilihat secara periodik, memasuki Oktober hingga Desember pergerakan harga sedikit slow atau turun dan kembali naik di awal tahun,” tutur Sekretaris Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sumut, Laksamana Adyaksa, Selasa (23/1).

Dan memasuki akhir tahun atau menjelang musim dingin, aktivitas di luar negeri itu tidak banyak beroperasi. Sehingga menyebabkan pembelian sawit berkurang dan biasanya diberhentikan pada Oktober dan stoknya bisa sampai akhir tahun.

“Tren tahunan dan kondisi ini biasa terjadi. Harga membaik itu sampai triwulan ketiga dan memasuki triwulan keempat kembali turun,” katanya.

Dengan kebijakan pemerintah yang lebih banyak menggunakan kelapa sawit itu sebagai biosolar maka diharapkan ada pasar-pasar baru yang bisa membuat harga sawit relatif stabil. Jadi selama market belum ekspansi dengan produksi yang semakin banyak tentunya berlaku hukum suplai and demand.

“Kita harus ingat juga bahwa ancaman untuk pasokan baru itu banyak sekali. Contohnya, di Afrika orang mulai menaman sawit maka Indonesia harus bisa menyeimbangkan antara pasokan dan produksi sehingga harga tidak anjlok,” ungkap Laksamana.

“Dan untuk produksi, Sumut menduduki peringkat kedua di mana yang pertama itu adalah Riau. Dari sisi luas, lahan sawit di Sumut sekitar dua hektar,” pungkasnya.(wol/eko/data1)
Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Poldasu Ringkus 8 Perampok CPO Bersenpi

MEDAN, WOL – Keterlibatan oknum aparat dalam kasus pembajakan atau perampokan truk CPO yang melibatkan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: