_
Home / Warta / Mancanegara / Aturan Baru Saudi, Wanita Boleh Pergi Tanpa Izin Wali
foto: Ilustrasi perempuan Arab. (AFP PHOTO/FAYEZ NURELDINE )

Aturan Baru Saudi, Wanita Boleh Pergi Tanpa Izin Wali

RIYADH,Waspada.co.id – Kabinet Arab Saudi resmi mengizinkan seluruh perempuan di negara mereka untuk memiliki paspor seperti semua penduduk pada umumnya. Mereka juga mengizinkan perempuan berusia 21 tahun atau lebih untuk bepergian sendiri tanpa perlu mendapatkan persetujuan dari wali laki-laki.

Izin tersebut diberikan setelah Kabinet Arab Saudi menetapkan amandemen konstitusi terbaru pada Kamis (1/8) kemarin. Informasi tersebut disampaikan oleh Kementerian Informasi Arab Saudi dalam suatu pernyataan.

Mereka menyatakan aturan baru tersebut mulai berlaku akhir Agustus ini. “Aturan dibuat sebagai bagian dari upaya Kerajaan Saudi untuk menggalakkan hak-hak perempuan dan pemberdayaan perempuan, setara dengan laki-laki,” kata mereka dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari CNN.com, Jumat (2/8).

Sebagai informasi perempuan di Arab Saudi dalam aturan sebelumnya harus mendapat persetujuan dari wali laki-laki terlebih dahulu untuk mendapatkan paspor.

Perempuan yang tidak memiliki paspor sendiri akan diberi satu halaman di paspor wali laki-lakinya, sehingga mereka tidak mungkin bisa bepergian tanpa pendampingan wali.

Peraturan tersebut sempat mendapat kritik dari para aktivis pembela HAM karena dianggap sebagai penindasan terhadap perempuan. Upaya menentang peraturan tersebut sudah dilakukan sejak beberapa tahun.

Tapi perhatian yang diberikan pemerintah Arab belum memuaskan. Perhatian terhadap hak perempuan masih menunjukkan kemajuan yang lambat beberapa tahun belakangan.

Para wanita di Saudi bahkan baru diizinkan untuk memberikan suara dalam pemilu pada 2015 dan setidaknya ada 17 wanita yang terpilih tahun itu. Selain itu, perempuan di Saudi baru mendapat hak mengemudi pada 2017 lalu dan diberikan surat izin mengemudi di tahun 2018. (cnn/data1)

Check Also

AS Tuntut Saudi Bebaskan Kritikus Raif Badawi

WASHINGTON, Waspada.co.id – Amerika Serikat meminta kepada Arab Saudi, Eritrea, Mauritania, dan Pakistan untuk membebaskan para ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.