Home / Warta / Mancanegara / Atasi Dampak Sanksi AS, Uni Eropa Suntikkan Dana Pembangunan untuk Iran
Foto: uni eropa. (rnw.nl)

Atasi Dampak Sanksi AS, Uni Eropa Suntikkan Dana Pembangunan untuk Iran

BRUSSELS, Waspada.co.id – Uni Eropa setuju untuk mengucurkan dana sebesar 18 juta euro sebagai bantuan untuk Iran, termasuk sektor swastanya, guna menutup dampak dari sanksi Amerika Serikat (AS) dan menyelamatkan perjanjian program nuklir yang ditandatangani pada 2015.

Pengumuman itu merupakan bagian dari upaya Uni Eropa untuk mendukung kesepakatan program nuklir setelah AS menyatakan menarik diri pada Mei. Bantuan itu juga merupakan bagian dari paket dana sebesar 50 juta euro yang dialokasikan untuk Iran dalam anggaran Uni Eropa.

Uni Eropa berusaha untuk mempertahankan perdagangan dengan Iran, yang mengancam akan berhenti mematuhi perjanjian nuklir jika gagal untuk melihat manfaat ekonomi dari sanksi. Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa, Federica Mogherini mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa blok negara-negara Benua Biru itu berkomitmen untuk bekerja sama dengan Iran.

“Paket baru ini akan memperluas hubungan ekonomi dan sektoral di bidang yang bermanfaat langsung bagi warga kami,” kata Mogherini sebagaimana dilansir Reuters, Kamis (23/8).

Uni Eropa akan menghabiskan 8 juta euro di sektor swasta republik Islam itu, termasuk bantuan untuk usaha kecil dan menengah dan Organisasi Promosi Perdagangan Iran. Sementara 8 juta euro akan digunakan untuk proyek lingkungan dan 2 juta euro untuk memerangi bahaya yang disebabkan oleh obat-obatan. (wol/okz/data2)

Check Also

Jack Ma: Perang Dagang China- AS Bisa Berlangsung 20 Tahun

Waspada.co.id – Mantan CEO Alibaba ikut menanggapi gesekan perdagangan yang sedang terjadi antara China dan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: