Home / Warta / Mancanegara / AS Tuding Rusia Tutupi Pelanggaran Sanksi PBB atas Korut
Dubes AS untuk PBB, Nikki Haley, menuding Rusia menutupi pelanggaran dalam penerapan sanksi atas Korea Utara. (Reuters/Lucas Jackson)

AS Tuding Rusia Tutupi Pelanggaran Sanksi PBB atas Korut

WASHINGTON,Waspada.co.id – Amerika Serikat menuding Rusia menutupi pelanggaran dalam penerapan sanksi Perserikatan Bangsa-Bangsa atas Korea Utara.

Tudingan ini disampaikan menjelang rapat Dewan Keamanan PBB mengenai implementasi sanksi Korut yang digagas oleh AS.

Dalam rapat sebelumnya, DK PBB menyampaikan laporan bahwa Korut belum menghentikan program nuklir dan rudalnya, juga melanggar sanksi mengenai ekspor.

Namun, para diplomat perwakilan Rusia meminta kelompok pemantau sanksi independen untuk mengamandemen laporan itu.

Seorang diplomat mengatakan kepada Reuters laporan yang diamandemen itu menghapus sejumlah referensi yang mengindikasikan Rusia melanggar sanksi Korut tersebut.

DK PBB harus mencapai konsensus agar dapat merilis laporan yang sudah diamandemen tersebut. Namun, AS menolak.

“Rusia tak dapat dibiarkan mengubah laporan PBB yang independen mengenai sanksi Korut hanya karena mereka tidak suka isinya. Titik,” ujar Duta Besar AS untuk PBB, Nikki Haley.

Sejak pertemuan bersejarah antara Presiden AS, Donald Trump, dan pemimpin tertinggi Korut, Kim Jong-un, pada Juni lalu, Rusia dan China terus mendesak komunitas internasional untuk meringankan sanksi atas Korut.

Namun, Washington menekankan bahwa sanksi akan terus diterapkan hingga Korut benar-benar melucuti senjata nuklirnya, sesuai dengan kesepakatan dalam pertemuan Kim dan Trump tersebut. (cnn/data1)

Check Also

AS Ragukan Perjanjian Nuklir dengan Rusia

WASHINGTON, Waspada.co.id – Pelanggaran-pelanggaran pengawasan senjata Rusia dan kegiatan-kegiatan yang bersifat jahat lainnya mengikis keyakinan dan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: