Home / Warta / Mancanegara / AS Minta Turki Bebaskan Ilmuwan NASA
foto: Gedung Harry S. Truman di kompleks Departemen Luar Negeri AS, di Washington, 24 Oktober 2014.

AS Minta Turki Bebaskan Ilmuwan NASA

HOUSTON, Waspada.co.id – Amerika meminta Turki segera membebaskan Serkan Golge, seorang ilmuwan warga negara Amerika yang bekerja pada Badan Antariksa Nasional Amerika (NASA), kantor berita Associated Press melaporkan, Kamis (20/9).

Ia ditangkap di Turki bagian selatan dan dituduh punya kaitan dengan Fethullah Gulen, ulama yang tinggal di Amerika, yang oleh Turki dituduh terlibat dalam kudeta gagal pada 2016 di Turki.

Dalam pernyataan tertulis yang dirilis Kamis, Departemen Luar Negeri Amerika mengatakan pihaknya akan terus mengikuti kasus Golge, dan berpendapat tidak ada bukti yang dipercaya atas tuduhan pada dirinya. Namun dapat menerima keputusan untuk mengurangi hukumannya.

Pengadilan di Turki selatan, Rabu (19/9), mengurangi hukumannya dari 7 menjadi 5 tahun penjara dan mencabut tuduhan bahwa ia anggota organisasi teroris.

Hubungan antara Turki dan Amerika tegang sejak pastur Amerika Andrew Brunson dipenjarakan di Turki atas tuduhan spionase dan pelanggaran terkait terorisme. (voa/dsata1)

Check Also

Erdogan Telfon Trump Bahas Sanksi AS

ISTANBUL,Waspada.co.id — Presiden Turki mengatakan Presiden AS telah berjanji untuk mempertimbangkan kemungkinan AS melakukan upaya ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: